Ini 7 Tips Melawan Rasa Malas yang Menghambat Kemajuan

Foto: Ini 7 Tips Melawan Rasa Malas yang Menghambat Kemajuan Shutterstock
WowKeren dan Kanal247


Rasa malas akan membuat aktivitas terganggu dan akhirnya menghambah kemajuan dalam kehidupan kalian.

Kanal247.com - Malas merupakan suatu sifat yang membuat kalian jauh dari kesuksesan. Rasa malas mulanya akan menghambat aktivitas yang dilakukan sehingga kalian tertinggal dari orang lain.

Baca juga ...


Sebuah penelitian yang melakukan pemindaian dengan Magnetic Resonance Imaging (MRI) untuk meneliti motivasi dan rasa malas menunjukkan bahwa ketika orang memutuskan untuk melakukan sesuatu, korteks pra-motor pada otaknya cenderung menyala sesaat sebelum titik lain di otak yang mengendalikan gerakan menjadi aktif. Namun, ketika seseorang merasa malas, s, korteks pra-motor ini justru tidak menyala karena koneksinya terputus. Peneliti menduga bahwa koneksi otak yang menghubungkan “keputusan untuk melakukan sesuatu” menjadi tindakan nyata menjadi kurang efektif pada orang yang malas.

Nah, rasa malas tidak boleh dibiarkan begitu saja. Semakin banyak aktivitas yang kalian lewatkan, semakin tertinggal pula kalian. Kualitas hidup juga akan menurun.

Lalu, bagaimana sih cara menghadapi rasa malas? Simak di bawah ini.

1. Bulatkan Tekad Kalian dan Fokus

Bulatkan Tekad Kalian dan Fokus

Hal pertama yang harus kalian lakukan untuk mengatasi rasa malas adalah membulatkamn tekad. Kemalasan umumnya adalah gejala dan bukan inti dari masalah. Maka dari itu, coba renungkan apa yang membuat kalian tidak termotivasi. Mungkin saja isu yang menghambat lebih ringan dari yang kalian kira.

Setelah itu, mulai fokus pada penyebab kemalasan kalian. Pikirkan solusi untuk mengatasi hal tersebut. Misalnya, jika lelah, coba bagi waktu untuk bersantai karena semua orang butuh waktu istirahat. Kalau penyebabnya tidak merasakan inspirasi, kalian bisa mengubah rutinitas sehari-hari. Hal tersebut membantu kalian memiliki suasana yang berbeda.

2. Benahi Kamar, Ruang Kerja atau Meja Belajar agar Mendapat Motiviasi

Benahi Kamar, Ruang Kerja atau Meja Belajar agar Mendapat Motiviasi

Selanjutnya adalah mengatur lingkungan yang kalian tempati. Coba bersihkan kamar, meja kerja, mobil bahkan rumah agar kalian mendapatkan motivasi. Perlu kalian ketahui bahwa kekacauan di sekitar kalian, meskipun hanya dari visual bisa menurunkan kemampuan motivasi.

Banyak hal yang berlangsung di alam bawah sadar kita yang tidak dipertimbangkan. Baik itu pemilihan warna yang tidak bagus, kurang pencahayaan atau tidak adanya kesetimbangan apapun. Nah, buang penghalang yang kecil namun kuat dengan menjadi teratur.

3. Buat Daftar Keinginan dan Tujuan Kalian

Buat Daftar Keinginan dan Tujuan Kalian

Langkah selanjutnya adalah membuat daftar keinginan, tujuan dan apapun yang ingin kalian capai. Daftar tersebut dibutuhkan agar kalian dapat berfokus padanya. Sebelumnya, pilih tujuan dan keinginan yang benar-benar menginspirasi kalian.

Salin daftar tersebut sebanyak mungkin dan letakkan di beberapa tempat yang mudah terlihat. Misalnya, pintu kamar, dinding dekat meja belajar, laptop atau komputer, kulkas dan lainnya. Kemudian celkis tujuan atau keinginan yang telah kalian capai.

4. Semangati Diri Sendiri Bahwa Kalian Mampu Melakukannya

Semangati Diri Sendiri Bahwa Kalian Mampu Melakukannya

Kemunduran terjadi karena rasa malas yang mengakibatkan aktivitas kalian terhambat. Satu gerakan yang kalian lakukan dapat mengubah semuanya. Dan yang menentukan hal tersebut adalah diri kalian sendiri. Kalian selalu bisa mengubah diri dan melakukan perubahan. Hal yang harus kalian lakukan adalah yakin.

Jika kalian merasa jenuh mengerjakan satu hal dan menuju ke "malas", coba beralih ke hal lain. Kalian juga harus meyakinkan diri sendiri untuk terus produktif dan tidak jatuh ke lubang kemalasan.

5. Meminta Bantuan Dari Orang Lain Jika Diperlukan

Meminta Bantuan Dari Orang Lain Jika Diperlukan

Sebagian orang terkadang merasa takut untuk meminta bantuan. Hal tersebut mungkin akibat pernah memiliki hubungan yang buruk dengan orang lain. Namun, manusia adalah makhluk sosial. Kalian tidak dapat hidup sendiri tanpa bantuan orang lain.

Untuk mengatasi kemalasan, kalian membutuhkan dorongan dari orang lain. Pastikan orang-orang disekitar kalian bukan menjadi penyebab rasa malas itu muncul. Jika hal itu terjadi, cari lingkaran baru yang membuat kalian merasa nyaman dan minta bantuan pada mereka.

6. Memuji Diri Sendiri Tidak Salah

Memuji Diri Sendiri Tidak Salah

Ketika kalian telah berhasil mencapai satu tujuan, coba puji diri sendiri untuk memotivasi. Memuji diri sendiri bukan berarti kalian sedang menyombongkan diri, kok. Kalian juga bisa mengapresiasi dengan berbagai hal. Misalnya berbelanja, membeli makanan yang kalian inginkan dan lainnya. Enggak perlu malu untuk mengakui keberhasilan kalian meski kecil, ya. Keberhasilan yang besar terdiri dari banyak keberhasilan kecil.

7. Olahraga agar Tetap Bersemangat

Olahraga agar Tetap Bersemangat

Olahraga memiliki manfaat yang sangat banyak. Olahraga dapat memicu aliran darah, metabolisme meningkat dan tubuh akan terasa berenergi seharian. Jika kalian merasa kurang aktif di pagi hari, coba berolahraga sekitar 15 menit saja. Tubuh akan fit dan kalian akan bersemangat sepanjang hari.

Loading...

Komentar Anda

Rekomendasi Artikel

Loading...