Wajib Tahu! 7 Kegunaan Tersembunyi dari Hand Sanitizer yang Bisa Sangat Membantu Kalian

Foto: Wajib Tahu! 7 Kegunaan Tersembunyi dari Hand Sanitizer yang Bisa Sangat Membantu Kalian
WowKeren dan Kanal247


Tak hanya untuk mengatasi kuman di tangan, hand sanitizer dapat kalian manfaatkan untuk berbagai hal. Simak di sini!

Kanal247.com - Hand sanitizer merupakan produk yang dapat menggantikan fungsi sabun cuci tangan. Penggunaan hand sanitizer dirasa lebih efektif lantaran tidak membutuhkan air. Produk satu ini cocok banget buat dibawa kemana-mana.

Baca juga ...

Untuk dapat menghilangkan bakteri, hand sanitizer mengandung alkohol, seperti ethyl alcohol yang bekerja sebagai agen antiseptik. Hampir 90% produk hand sanitizer di pasaran mengandung ethanol atau ethyl alkohol. Beberapa produk yang mengklaim bebas alkohol menggantinya dengan komponen antibiotik yang disebut dengan triclosan atau triclocarban. Bahan ini juga teradapat dalam sabun dan pasta gigi.


Nah, mungkin banyak yang tidak mengetahui bahwa hand sanitizer dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan lagi. Mau tahu apa saja? Ayo simak di bawah ini.

1. Hand Sanitizer sebagai Pengganti Deodoran

Hand Sanitizer sebagai Pengganti Deodoran

Deodoran digunakan untuk menghilangkan bakteri serta membuat ketiak tidak berbau. Jika sedang membutuhkan deodoran namun kalian tidak membawanya, coba gosokkan hand sanitizer di ketiak.

Hand sanitizer juga mampu membunuh bakteri yang ada di ketiak. Untuk menggunakannya, kalian perlu mendiamkan terlebih dahulu hand sanitizer setelah dioleskan ke ketiak hingga mengering agar tidak lengket pada pakaian.

2. Menghilangkan Spidol Permanen di Papan Tulis

Menghilangkan Spidol Permanen di Papan Tulis

Buat kalian yang berprofesi jadi seorang guru atau anak sekolahan pasti pernah salah menggunakan spidol permanen pada papan tulis, kan? Untuk menghapusnya, kalian dapat menggunakan hand sanitizer, lho.

Kalian hanya perlu mengoleskan hand sanitizer di area yang terkena spidol permanen. Biarkan sejenak hingga hampir mengering. Kemudian usap hand sanitizer dengan kain kering. Cara membersihkan dengan hand sanitizer ini sangat cepat dan efektif.

3. Menghapus Bekas Label yang Lengket

Menghapus Bekas Label yang Lengket

Residua atau bekas pada perekat label sulit untuk dihilangkan hanya dengan sabun dan air. Hal ini tentu mengganggu, apalagi jika barang tersebut bermaksud dipajang. Nah, serahkan masalah tersebut pada hand sanitizer.

Cukup dengan membalurkan hand sanitizer pada permukaan benda yang terkena bekas label perekat. Gosok-gosok sedikit hingga bekas perekat tersebut hilang. Mudah, bukan?

4. Hand Sanitizer dapat Membersihkan Toilet Duduk Dari Bakteri

Hand Sanitizer dapat Membersihkan Toilet Duduk Dari Bakteri

Selain bakteri di tangan, hand sanitizer juga dapat membantu membunuh bakteri di toilet duduk. Seperti kalian ketahui toilet duduk, apalagi di tempat umum digunakan banyak orang sehingga tanpa kita sadari dapat menularkan bakteri.

Sebaiknya, kalian membersihkan terlebih dahulu dudukan toilet dengan hand sanitizer.Cara ini ampuh meminimalisir bakteri yang ada di toilet duduk. Kalian juga akan terhindari dari berbagai macam penyakit yang dapat ditularkan.

5. Hand Sanitizer untuk Mencuci Kuas Makeup

Hand Sanitizer untuk Mencuci Kuas Makeup

Manfaat hand sanitizer satu ini cocok bagi kalian pecinta makeup yang ingin mengehemat pengeluaran. Rupanya, hand sanitizer juga dapat digunakan untuk mencuci kuas dan spons makeup yang kotor. Seperti kalian ketahui, kuat dan spons yang tidak higenis dapat memicu masalah pada kulit seperti jerawat, komedo, iritasi dan masih banyak lagi.

Kalian dapat menggunakan hand sanitizer untuk membersihkannya daripada membeli lagi produk khusus untuk mencuci kuas dan spons. Cara menggunakannya mudah. Kalian hanya perlu membasahi kuas makeup dengan air. Kemudian beri hand sanitizer, kucek lembut agar kuat tidak rontok dan bilas hingga bersih.

6. Gunakan Hand Sanitizer Agar Kacamata dan Cermin Mengkilap

Gunakan Hand Sanitizer Agar Kacamata dan Cermin Mengkilap

Tips selanjutnya adalah untuk membersihkan kacamata dan cermin. Hand sanitizer dapat kalian gunakan sebagai cairan pembersih menghilangkan noda atau kotoran yang menempel pada kacamata. Penggunaan hand sanitizer akan membuat kacamata atau cermin kalian lebih mengkilap.

7. Membersihkan Perabotan Berbahan Logam

Membersihkan Perabotan Berbahan Logam

Nah, penggunaan hand sanitizer yang terakhir adalah untuk menghilangkan noda pada perabotan logam seperti pisau, sendok dan garpu. Untuk menggunakannya, cukup oleskan beberapa tetes hand sanitizer pada perabotan tersebut kemudian gosok hingga noda menghilang. Jangan lupa untuk cuci kembali perabotan dengan air bersih, ya.

Komentar Anda

Rekomendasi Artikel

Loading...