Harus Diingat, 8 Benda Ini ‘Haram’ Dipinjamkan ke Orang Lain

Foto: Harus Diingat, 8 Benda Ini ‘Haram’ Dipinjamkan ke Orang Lain pinterest
WowKeren dan Kanal247


Tidak banyak diketahui orang lain, ternyata barang-barang ini tidak diperbolehkan untuk digunakan bersama-sama lantaran memiliki dampak tidak baik untuk kesehatan.

Kanal247.com - Penyakit memang mudah tersebar melalui benda-benda yang kita pakai sehari-hari. Bakteri serta virus yang menempel di barang-barang kita pun patut untuk diwaspadai.

Baca juga ...

Bukan hanya mewaspadai barang-barang yang kita pakai dan berusaha untuk menjaga kebersihannya, ternyata ada pula peringatan lainnya. Ada beberapa barang yang tidak diperbolehkan dipakai bersama-sama lantaran sangat rawan menyebarkan penyakit.


Penasaran barang-barang apa saja itu? Simak penjelasannya di sini!

1. Sikat Gigi Dilarang Pinjam Milik Orang Lain

Sikat Gigi Dilarang Pinjam Milik Orang Lain

Seperti yang kita semua tahu, sikat gigi berfungsi untuk membantu menghilangkan bakteri yang menumpu di gigi kita. Hal itu tentu sudah bisa dipastikan sikat gigi menyimpan sisa-sisa bakteri di mulut.

Bakter-bakteri yang tidak mudah hilang dari sikat gigi itu membuat kita amat dilarang untuk meminjam milik orang lain. Ingat, banyak bakteri dan virus yang mudah ditularkan.

2. Lebih Baik Pakai Handuk Sendiri

Lebih Baik Pakai Handuk Sendiri

Handuk juga menjadi salah satu tempat bersarangnya bakteri-bakteri dari badan, nih. Sama seperti sikat gigi, alangkah baiknya jika kita memakai handuk untuk diri sendiri.

Pasalnya kita tidak pernah tahu penyakit-penyakit orang lain dari handuk yang dipinjam, bukan? Banyak sekali lho penyakit kulit yang bisa ditularkan dari handuk. Seram!

3. Sabun Mandi Batang Tempat Bersarangnya Kuman

Sabun Mandi Batang Tempat Bersarangnya Kuman

Siapa yang mandi menggunakan sabun batang? Usahakan untuk tidak menggunakan sabun mandi secara bersama-sama meski dengan keluarga, ya. Pasalnya banyak bakteri dari tubuh yang menempel di sabun batang. Penyakit juga tentu bisa ditularkan melalui sabun, nih.

Jika ingin berhemat dan tetap bisa dipakai bersama-sama keluarga, alangkah baiknya mengganti dengan sabun cair. Pasalnya sabun cair tidak akan menumpuk kuman. Eiits, jika sudah pakai sabun cair jangan memakai sponsnya bersama-sama juga ya!

4. Jangan Pinjamkan Sepatu atau Sandal

Jangan Pinjamkan Sepatu atau Sandal

Sepatu dan sandal juga menjadi salah satu benda yang tidak boleh dipinjamkan, apalagi jika bekas dipakai orang lain. Pasalnya, kaki kita juga bisa berkeringat kala menggunakan sepatu dan sandal. Keringat yang memupuk itu tentu akan menempel di alas kaki kita. Sehingga bakteri pun menumpuk.

Belum lagi jika memiliki masalah dengan kaki, misalnya saja jamur atau luka. Bayangkan jika harus menularkan orang lain jika meminjamkan sepatu "bekas" kaki kita. Mau tertular penyakit orang lain?

5. Punya Gunting Kuku Sendiri

Punya Gunting Kuku Sendiri

Gunting kuku juga tidak boleh dipakai bergilir, nih. Ingat, kotoran di dalam kuku kita merupakan bakteri. Kotoran itu tentu akan tertinggal di gunting kuku usai kita memotongnya.

Jika memang masih ingin dipakai bergiliran, kamu harus rajin membersihkannya dengan alkohol. Jika tidak mau ribet, apa salahnya punya sendiri? Murah, kok.

6. Segala Jenis Earphone Dilarang Dipakai Orang Lain

Segala Jenis Earphone Dilarang Dipakai Orang Lain

Siapa yang doyan pinjam atau meminjamkan earphone? Mulai detik ini yuk memikirkan ulang kebiasaan itu. Pasalnya telinga juga tidak lepas dari kotoran, bakteri, serta kuman. Telinga juga bisa memiliki masalah dan penyakit yang mudah ditularkan.

Jadi, jangan pernah lagi lupa membawa earphone sendiri ya. Lebih nyaman pakai milik sendiri, kan?

7. Anting-Anting Pinjaman Menyeramkan

Anting-Anting Pinjaman Menyeramkan

Jangan pernah sekali pun berpikir tukar menukar anting-anting, ya. Pasalnya, anting-anting tertanjap di dalam daun telinga yang memungkinkan dilewati pembuluh darah di telinga.

Infeksi penyakit darah bisa ditimbulkan dengan memakai anting-anting milik orang lain. Jika masih merasa perlu pinjam, pastikan anting-anting itu telah bersih dengan mencuci menggunakan alkohol.

8. Usahakan Tidak Mencoba Lipstik Orang Lain Secara Langsung

Usahakan Tidak Mencoba Lipstik Orang Lain Secara Langsung

Saling mencoba lipstik memang menjadi kegemaran para wanita, nih. Warna-warna yang menarik dan banyak merek membuat kita berpikir tidak ada salahnya mencoba milik orang lain untuk mengetes kecocokan. Tapi kebiasaan ini harus dihilangkan.

Virus herpes disebut-sebut mudah ditularkan dari satu orang ke orang lain ketika berbagi lipstik, nih. Gejala virus herpes sulit terlihat, lho.

Bagaimana? Masih berani saling pinjam barang-barang di atas? Semua efeknya benar-benar buruk, lho. Jadi lebih baik memakai milik sendiri bukan? Lebih aman!

Komentar Anda

Tags

Rekomendasi Artikel

Loading...