7 Tanda Benci Diri Sendiri Ini Bakal Hancurkan Hidup, Mau?

Foto: 7 Tanda Benci Diri Sendiri Ini Bakal Hancurkan Hidup, Mau?
WowKeren dan Kanal247


Tidak banyak orang tahu, ternyata beberapa sifat tidak baik yang kerap dimiliki seseorang ini justru menunjukkan jika kita membenci diri sendiri. Apa saja hal tersebut? Cari tahu di sini.

Kanal247.com - Sifat negatif memang bukanlah hal yang baik jika terus disimpan dalam diri. Apalagi jika sifat-sifat tersebut mengarah dengan hal-hal yang berdampak tidak baik untuk kehidupan.

Baca juga ...

Beberapa tanda orang membenci diri sendiri pun ternyata bisa diperhatikan dengan seksama. Tanda-tanda yang diketahui tersebut tentu akan sangat membantu agar bisa menghindari membenci diri sendiri.


Apa saja tanda seseorang yang membenci diri sendiri? Cari tahu di sini.

1. Iri Hingga Bandingkan Hidup dengan Lainnya

Iri Hingga Bandingkan Hidup dengan Lainnya unsplash

Iri dengan seseorang memang sangat wajar. Namun, jika hal tersebut terjadi terus menerus bahkan setiap waktu itu bukan lagi bisa dimengerti. Ketika terus iri dengan orang lain, maka kamu memandang rendah mimpi serta tujuan hidupmu.

Selalu ingat, bahwa kamu adalah orang yang berbeda. Tidak ada orang yang salah, bukan? Jadi, berhentilah membandingkan dirimu dan orang lain!

2. Terlalu Fokus dengan Kesalahan di Masa Lalu

Terlalu Fokus dengan Kesalahan di Masa Lalu unsplash

Semua orang pernah berbuat salah, tidak ada kesempurnaan dalam diri manusia. Sehingga, melakukan satu kesalahan bukan berarti dunia hancur bukan. Setiap manusia juga tidak mungkin selalu benar setiap saat, akan ada waktu yang membuat orang jatuh.

Roda selalu berputar, bukan? Ada kalanya kamu akan ada di atas, bisa jadi turun ke bawah. Terus semangat dan jangan terlalu berlarut-larut! Masalah tak akan selesai hanya dengan berpikir!

3. Punya Ekspetasi Rendah Hingga 0

Punya Ekspetasi Rendah Hingga 0 unsplash

Kata pepatah "Gantungkan mimpi setinggi langit", ini bukan sekadar omong kosong lho. Ketika mempunyai mimpi dan optimis bisa mewujudkan, kita mempunyai satu alasan untuk terus hidup.

Jika gagal, yang perlu dilakukan hanya mencari mimpi baru atau berusaha lagi. Kita boleh kok punya jutaan mimpi dan pasti ada yang terwujud. Mustahil semua mimpi hanya semu! Lebih percaya dengan diri sendiri, yuk!

4. Kerap Merasa Jadi ‘Korban’ Permasalahan

Kerap Merasa Jadi ‘Korban’ Permasalahan

Pernah berpikir "kenapa harus aku?" ketika ada masalah? Bisa jadi itu tanda kalau kamu membenci dirimu sendiri, lho. Memang boleh merasa demikian di waktu tertentu, tapi bukan berarti harus "bermain" jadi korban kerasnya dunia setiap saat!

Memikirkan diri sendiri adalah korban justru akan membuatmu terlihat semakin menyedihkan, lho. Hal itu tak akan pernah membantumu menjadi lebih baik. Tegar dan hadapi! Kamu kuat!

5. Merasa Aneh Ketika Mendapatkan Pujian Orang Lain

Merasa Aneh Ketika Mendapatkan Pujian Orang Lain

Setiap orang pasti suka dipuji, hal-hal baik tentang diri kita diakui orang lain adalah pencapaian luar biasa. Namun, ketika kamu merasa pujian itu justru aneh dan tidak pantas didapatkan bukankah aneh?

Perasaan tidak percaya meski orang lain memuji itu benar-benar menunjukkan kamu tak menghargai dirimu sendiri. Jika orang lain memujimu, artinya apa yang kamu lakukan luar biasa baik. Kenapa harus berpikir macam-macam? Terus lakukan yang terbaik saja. Ingat, hasil tidak akan mengkhianati usaha!

6. Selalu Ucap Maaf untuk Semua Hal Meski Tak Salah

Selalu Ucap Maaf untuk Semua Hal Meski Tak Salah unsplash

Tak ragu mengungkapkan maaf memang baik, tapi jika tidak salah terus melontarkan permintaan maaf? Jika kamu terus merasa perlu meminta maaf untuk hal-hal yang bukan kesalahanmu, apalagi ketika hal tersebut di luar kendali justru menunjukkan kamu terlalu memandang rendah dirimu sendiri.

Orang lain akan mudah menyalahkanmu bahkan menjadikanmu kambing hitam agar kamu yang terkena cibiran meski tak salah. Mau?

7. Jadikan Media Sosial untuk Cari Perhatian

Jadikan Media Sosial untuk Cari Perhatian unsplash

Punya media sosial memang wajar, apalagi di era milenial seperti saat ini. Namun, ketika kamu menjadikan media sosial sebagai wadah menunjukkan "diri berbeda" buat apa?

Meski orang lain memberikan pujian melalui media sosial, menganggap kamu menyenangkan, pintar, cantik, dan sebagainya bukankah percuma? Mereka hanya melihat "topeng" bukan dirimu sendiri. Ketika jadi diri sendiri apakah kamu yakin teman online akan tetap menyukaimu? Bukankah lebih menyakitkan ketika tak bisa disukai orang lain ketika menjadi diri sendiri?

Ngeri bukan efek membenci diri sendiri? Kamu bisa depresi karena hal itu, lho. Coba juga ikuti tips cintai diri sendiri sesuai zodiak, di sini. Semoga membantu!

Komentar Anda

Tags

Rekomendasi Artikel