Virus Corona Menular Lewat Udara, Pastikan Terhindar dari 7 Kesalahan Pakai Masker Demi Keselamatan

Foto: Virus Corona Menular Lewat Udara, Pastikan Terhindar dari 7 Kesalahan Pakai Masker Demi Keselamatan



World Health Organization (WHO) mengkonfirmasi jika saat ini virus corona telah bisa menular melalui udara, pastikan tidak melakukan kesalahan kala pakai masker ketika keluar rumah.

Kanal247.com - Baru-baru ini, masyarakat di seluruh dunia digemparkan dengan kabar bahwa virus corona bisa menular melalui udara. Hal tersebut bahkan sudah dikonfirmasi langsung oleh World Health Organization (WHO).

Baca juga ...

Penularan COVID-19 melalui udara tersebut kini memungkinkan khususnya di tempat yang tertutup dan tidak mempunyai ventilasi udara dengan baik. Imbauan untuk selalu mengenakan masker yang merupakan cara menekan penyebaran virus corona pun diserukan.


Yuk, pastikan penggunaan masker sudah tepat dengan menghindari kesalahan-kesalahan di bawah ini.

1. Tak Perhatikan Kebersihan Tangan Sebelum Pakai Masker

Tak Perhatikan Kebersihan Tangan Sebelum Pakai Masker unsplash

Tangah bersih sebelum mengenakan masker adalah hal wajib yang harus diperhatikan setiap orang. Jangan sampai, tangan yang digunakan untuk memasang masker diragukan kebersihannya. Selalu cuci tangan dengan sabun atau minimal menggunakan hand sanitizer sebelum mengenakan masker. Bukan hanya agar terhindar dari virus corona saja, tapi virus atau bakteri lain yang juga mengancam kesehatan.

2. Tak Menutup Hidung dan Mulut Secara Sempurna

Tak Menutup Hidung dan Mulut Secara Sempurna twitter

Banyak orang mengira bahwa hal yang terpenting dari mengenakan masker adalah menutupi mulut saja. Itu adalah anggapan yang benar-benar salah, lho. Ketika mengenakan masker, hidung juga harus tertutup. Kita bahkan tidak diperkenankan asal menyentuh mulut, hidung, dan mulut jika tangan usai menyentuh barang-barang. Jika perlu kamu bisa mengenakan face shield dan masker sekaligus agar lebih aman.

3. Lepas Masker dengan Menyentuh Bagian Depan

Lepas Masker dengan Menyentuh Bagian Depan freepik

Cara melepas masker yang benar adalah dengan menarik dari tali yang ada di telinga, bukan menyentuh bagian depan masker. Menyentuh bagian depan masker berartikan kita menyentuh bakteri atau virus yang menempel di sana. Hal tersebut tentu sangat berbahaya. Jadi, pastikan selalu melepas masker lewat talinya dan usahakan tak menyentuh bagian depan ya.

4. Menurunkan Masker ke Dagu itu Bahaya

Menurunkan Masker ke Dagu itu Bahaya

Siapa yang suka menurunkan masker ke dagu ketika tidak digunakan? Hal ini tidak boleh dilakukan, lho. Menurunkan masker di dagu membuat bakteri atau virus yang keluar melalui mulut kita akhirnya menempel di dagu. Belum lagi jika kamu menurunkan masker di dagu dengan menyentuh bagian depan masker. Ketika masker tersebut dipakai lagi menutupi mulut dan hidung hasilnya tak lagi optimal juga. Lebih baik langsung lepas masker atau ganti, ya!

5. Asal Melipat Masker

Asal Melipat Masker unsplash

Saat ini, memang banyak orang yang lebih memilih menggunakan masker kain lantaran bisa dipakai berkali-kali dan lebih murah. Namun, banyak yang lupa bahwa mengenakan masker kain juga tidak bisa digunakan berkali-kali. Jika memang dilepas sementara untuk makan atau lainnya, pastikan untuk melipat masker dengan benar ya. Jangan sampai bagian dalam masker terkena bagian depan atau sebaliknya. Jangan tidak dilipat juga karena akan membuat bagian dalam masker yang fungsinya melindungi justru terkena bakteri dan virus karena menempel di benda lain atau terpapar udara.

6. Pakai Masker Kalau Ingat Saja

Pakai Masker Kalau Ingat Saja twitter

Masker adalah benda yang wajib banget kita gunakan ketika keluar rumah, walau cuma sebentar. Jangan cuma mengenakan masker jika ingat saja, atau bahkan kalau ditegur orang lain. Masker tidak hanya melindungi kita sendiri, namun juga orang lain. Bukankah lebih baik jika semua orang aman dari COVID-19 karena sama-sama menjaga dengan mengenakan masker? Menolong sesama di era pandemi bisa dimulai lewat pakai masker.

7. Tidak Ganti Masker Berkala

Tidak Ganti Masker Berkala twitter

Masker bukanlah benda yang bisa dipakai tanpa cuci atau tidak diganti dalam waktu lama. Masker medis wajib diganti setelah dipakai alias sekali pakai, saja. Jika kamu mengenakan masker kain, maka kamu harus mencucinya langsung setelah memakainya. Pasalnya, bakteri dan virus tidak kasat mata. Sehingga, kita tidak pernah tahu apa saja yang menempel di masker kita.

Kamu juga wajib mengganti masker secara langsung jika ciri-ciri masker milikmu tidak layak. Cek kelayakan masker punyamu di sini, ya!

Komentar Anda

Tags

Rekomendasi Artikel