Face Shield Jadi Tren Gantikan Masker, Pastikan Sudah Tahu 7 Kelebihan dan Kekurangannya

Foto: Face Shield Jadi Tren Gantikan Masker, Pastikan Sudah Tahu 7 Kelebihan dan Kekurangannya instagram



Saat ini banyak orang memilih untuk menggunakan face shield dibandingkan dengan masker, ini kelebihan dan kekurangan yang patut diketahui sebelum mengikuti tren.

Kanal247.com - Era new normal yang terjadi saat ini memang membuat setiap orang patut untuk saling menjaga satu sama lain dengan mengikuti protokol kesehatan. Mulai dari mengenakan masker hingga sering cuci tangan patut dilakukan.

Baca juga ...

Belakangan pun banyak orang akhirnya memilih mengenakan face shield dibandingkan dengan masker. Apalagi banyak selebriti yang tampak menggunakan face shield. Saat ini pun face shield sudah mudah dicari.


Sebelum memutuskan untuk mengikuti tren mengenakan face shield, yuk ketahui kelebihan serta kekurangannya di bawah ini.

1. Cakupan Perlindungan Lebih Luas tapi Tak Bisa Halangi Keluarnya Droplet

Cakupan Perlindungan Lebih Luas tapi Tak Bisa Halangi Keluarnya Droplet instagram
Perlindungan face shield memang bisa dikatakan lebih luas lantaran tidak hanya melindungi hidung dan mulut seperti masker, tapi juga mata. Studi simulasi batuk pada 2014 membuktikan, perisai wajah bisa melindungi penggunanya dari paparan virus sampai 96%, saat digunakan dalam jarak setengah meter dari orang yang batuk. Namun, perlindungan face shield harus diikuti dengan jaga jarak minimal 1,5 meter seperti yang diimbau. Pasalnya, droplet atau tetesan batuk atau air liur dari mulut bisa keluar dengan mudah jika hanya mengenakan face shield.

2. Praktis Ketika Digunakan tapi Punya Celah Masuk di Bagian Samping dan Bawah

Praktis Ketika Digunakan tapi Punya Celah Masuk di Bagian Samping dan Bawah instagram
Penggunaan face shield memang tergolong lebih mudah jika dibandingkan dengan masker. Kita hanya perlu melekatkan tali face shield di belakang kepala atau memakainya seperti kaca mata bergantung pada modelnya. Tapi, karena adanya celah di bagian bawah dan samping tentu patut dikhawatirkan juga. Mengingat saat ini virus corona dikonfirmasi sudah menular melalui udara.

3. Minim Kesalahan Kala Digunakan tapi Belum Ada Konfirmasi Aman dari Paparan Covid-19

Minim Kesalahan Kala Digunakan tapi Belum Ada Konfirmasi Aman dari Paparan Covid-19 instagram
Jika dibandingkan dengan menggunakan masker, tentu face shield lebih mudah dan minim melakukan kesalahan. Penggunaan masker memang harus benar jika mengharapkan proteksi lebih. Cek penggunaan masker yang benar di sini, deh. Nah, face shield akan memungkinkan kita menggunakan dengan benar tanpa ribet mengingat desainnya yang lebih sederhana dan mudah digunakan meski pertama kali. Namun, yang mengkhawatirkan, hingga saat ini penelitian belum memastikan apakah face shield akan ampuh menangkal Covid-19 seperti halnya masker.

4. Lebih Mudah Dibersihkan tapi Wajib Disterilkan Setiap Dilepas

Lebih Mudah Dibersihkan tapi Wajib Disterilkan Setiap Dilepas instagram
Face shield diketahui berbahan dasar plastik atau mika. Hal ini tentu mempermudah kita untuk membersihkan kapan pun di mana pun. Cukup disemprot dengan desinfektan atau dicuci dengan menggunakan sabun antibakteri. Namun, setiap melepas face shield wajib langsung disterilkan. Pasalnya, virus dan bakteri justru mudah menempel di permukaan benda seperti plastik. Face shield juga harus sering dibersihkan karena penggunaannya yang langsung di wajah dan bisa berkali-kali digunakan.

5. Bikin Masker Berumur Lebih Lama tapi Bukan Perlindungan Utama

Bikin Masker Berumur Lebih Lama tapi Bukan Perlindungan Utama instagram
Jika kamu menggunakan face shield sekaligus masker, maka itu memang menjadi pertahanan ekstra dari virus serta bakteri berbahaya. Hal tersebut juga tentu membuat masker bisa digunakan lebih lama lantaran masker tidak langsung terkena virus serta bakteri. Namun, face shield sebenarnya memang bukanlah pelindung utama di era new normal. Penggunaannya memang sejak awal disarankan diikuti dengan memakaian masker.

6. Lebih Ramah untuk Interaksi dengan Orang Lain tapi Virus Dapat Bertahan Lama di Permukaannya

Lebih Ramah untuk Interaksi dengan Orang Lain tapi Virus Dapat Bertahan Lama di Permukaannya instagram
Penggunaan face shield dianggap lebih ramah untuk orang-orang yang bisu dan tuli lantaran mereka bisa membaca gerak bibir kita ketika berkomunikasi. Interaksi dengan orang lain pun juga lebih jelas karena tak ada halangan kain masker. Namun, perlu diingat bahwa virus bisa hidup sampai berhari-hari di permukaan berbahan plastik. Covid-19 bahkan diketahui bisa hidup di plastik sampai 5 hari, lho. Cek masa hidup virus corona di permukaan benda di sini, ya.

7. Permudah Komunikasi dengan Jarak tapi Mudah Pengap Jika Digunakan Terlalu Lama

Permudah Komunikasi dengan Jarak tapi Mudah Pengap Jika Digunakan Terlalu Lama instagram

Face shield memang membuat apa yang kita ucapkan lebih mudah didengar meski mengobrol dengan jarak aman yakni 1,5 meter. Tidak ada halangan yang menutupi mulut akan mempermudah menangkap informasi yang kita ucapkan bagi orang lain. Kita juga tidak harus ganti 4 jam sekali seperti halnya masker. Namun, penggunaan terlalu lama ternyata bisa membuat pengap dan terasa panas. Pasalnya, face shield memang menghalangi udara di depan wajah dan membuat kita menghirup oksigen dari celah face shield.

Nah, bagaimana? Kamu tertarik untuk menggunakan face shield? Pastikan juga untuk selalu membawa beberapa barang penting di era new normal ketika keluar rumah, ya. Bukan cuma masker saja, lho. Cek barang-barang lainnya di sini.

Komentar Anda

Tags

Rekomendasi Artikel