Perlu Diwaspadai, 8 Aktivitas Ini Bisa Jadi Pemicu Kanker

Foto: Perlu Diwaspadai, 8 Aktivitas Ini Bisa Jadi Pemicu Kanker amazon
WowKeren dan Kanal247


Banyak hal bisa menjadi pemicu kanker, selain makanan beberapa aktivitas yang tak banyak dilakukan orang tanpa sadar ini ternyata bisa memicu timbulnya penyakit kanker.

Kanal247.com - Kanker masih menjadi salah satu penyakit yang menjadi momok tersendiri di dunia kesehatan. Menjadi penyakit yang mematikan, kanker juga menjadi penyakit yang banyak ditakuti.

Berbagai pencegahan juga pengobatan coba diajukan demi menghindari terkena penyakit kanker. Tak hanya soal makanan, gaya hidup sehat pun diterapkan oleh banyak orang dengan dalih menghindari terkena penyakit kanker.

Baca juga ...

Sayangnya, ada beberapa aktivitas yang secara tak sadar masih banyak dilakukan orang. Padahal, aktivitas-aktivitas tersebut bisa menjadi pemicu kanker.

Aktivitas-aktivitas seperti apa yang ternyata dapat memicu kanker tanpa disadari banyak orang? Simak ulasannya sebagai berikut.


1. Bekerja di Shift Malam Bisa Tingkatkan Karsinoken Hingga Kanker Payudara

Bekerja di Shift Malam Bisa Tingkatkan Karsinoken Hingga Kanker Payudara

Pada tahun 2007, Badan Internasional Penelitian Kanker mengungkapkan bahwa bekerja di shift malam dapat memicu timbulnya kanker. Mereka menyatakan bahwa bekerja di malam hari atau bekerja selama berjam-jam dalam kegelapan malam dapat meningkatkan karsinogen. Karsinogen merupakan salah satu zat yang menyebabkan penyakit kanker. Selain itu, bekerja di malam hari juga bisa mengacaukan siklus tidur sehingga kekebalan tubuh juga akan terganggung.

Sementara itu, pada tahun 2013, sebuah penelitian yang diterbitkan di British Medical Journal juga menemukan bahaya kanker payudara yang timbul dari bekerja pada shift malam. Dalam penelitian tersebut, sebanyak 2300 wanita ikut berpartisipasi. Mereka yang bekerja shift malam selama 30 tahun atau lebih memiliki risiko terkena kanker sebanyak 2 kali lipat.

2. Risiko Kanker Bisa Timbul dari Daging yang Dipanggang di Udara Terbuka

Risiko Kanker Bisa Timbul dari Daging yang Dipanggang di Udara Terbuka

Daging panggang mungkin menjadi salah satu kudapan lezat yang akan kamu temui di berbagai kesempatan. Namun, kamu wajib tahu bahwa makanan tersebut juga bisa menjadi pemicu kanker. Daging tersebut rupanya mengandung senyawa heterosiklik amina atau HCA dan juga hidrokarbon polisiklik aromatik atau PAH.

Daging yang dipanggang yang dimasak di atas pemanggangan terbuka adalah penyebabnya. Aktivitas memanggang di atas api yang terbuka inilah yang akan memicu terjangkit penyakit kanker.

Berdasarkan penjelasan National Cancer Institute, ketika daging dipanggang di atas api yang panas, lemak dan jus yang menetes ke dalam api bisa sangat berbahaya. Mereka akan bereaksi dengan beberapa zat kimia yang akhirnya juga diserap oleh daging yang akan kita makan.

Penelitian ini masih membutuhkan banyak kajian. Namun, dalam tes laboratorium, daging yang dipanggang di atas perapian terbuka ditemukan mampu mengubah sususan DNA dengan cara cepat. Hal itu merupakan salah satu yang meningkatkan risiko kanker.

3. Menghirup Debu Kayu Berisiko Tinggi Terkena Kanker Rongga Hidung

Menghirup Debu Kayu Berisiko Tinggi Terkena Kanker Rongga Hidung

Orang-orang yang bekerja sebagai pengrajin kayu perlu mewaspadai hal ini. Jika tidak berhati-hati, aktivitas mereka tersebut bisa menjadi pemicu terjangkit penyakit kanker.

Orang-orang yang bekerja membuat benda-benda dari kayu memiliki risiko tinggi menghirup partikel-partikel kecil yang berasal dari kayu. Mereka bisa saja menghirup banyak debu yang dihasilkan pada saat memotong dan membentuk kayu. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa kegiatan para pengrajin kayu ini bisa menimbulkan sinusitis dan kanker rongga hidung.

4. Makan Berlebihan Hingga Obesitas

Makan Berlebihan Hingga Obesitas

Banyak alasan seseorang menjadi mengonsumsi makanan secara berlebihan. Salah satu penyebabnya adalah karean stres.

Makan berlebihan dan tidak terkontrol bisa menyebabkan obesitas. Selama ini, obesitas sendiri juga banyak dikaitkan dengan berbagai risiko penyakit berbahaya. Ternyata, kanker menjadi salah satunya.

Obesitas dapat membuat seseorang berisiko terkena beberapa jenis kanker. Seseorang yang makan berlebihan hingga obesitas bisa terkena risiko kanker payudara, usus besar, rektum, esofagus, ginjal, dan juga pankreas.

5. Melakukan Implan Bisa Memicu Kanker

Melakukan Implan Bisa Memicu Kanker

Banyak hal rela dilakukan para wanita untuk menjadi cantik. Salah satu yang terkenal adalah dengan melakukan implan.

Akan tetapi, perlu kamu ketahui bahwa memasukkan benda asing ke dalam tubuh kita bisa menjadi salah satu pemicu kanker. Tentu saja implan juga menjadi salah satu pemicunya.

Meski masih sedikit kasus mengungkapkan bahwa implan bisa meningkatkan risiko terjangkit kanker, namun hal itu tetap perlu diwaspadai. Kanker limfoma memiliki kecenderungan untuk muncul pada objek implan dan akan menyerang sistem kekebalan manusia.

6. Tinggal di Daerah Situs Bencana Selama Bertahun-tahun Bisa Memicu Kanker

Tinggal di Daerah Situs Bencana Selama Bertahun-tahun Bisa Memicu Kanker

Polusi udara juga bisa menjadi salah satu pemicu kanker. Menghirup udara dengan asap yang beracun selama bertahun-tahun juga bisa menjadi ssalah satu penyebab kanker.

Para ilmuwan melakukan penelitian pada orang-orang yang tinggal di pusat kota Manhattan. Hasilnya, mereka yang tinggal di daerah yang dekat dengan terjadinya peristiwa 9/11 tersebut memiliki risiko terjangkit hingga 70 jenis kanker yang berbeda.

Hal yang sama juga terjadi pada orang-orang yang tinggal di dekat lokasi terjadinya bom nuklir Chernobyl di Ukrania. Orang-orang tersebut diketahui terkena risiko kanker paru-paru dan tiroid yang lebih tinggi dari biasanya.

7. Bahaya Berhubungan Seks Sebelum Suntik Vaksin HPV

Bahaya Berhubungan Seks Sebelum Suntik Vaksin HPV

Human Papilomavirus merupakan salah satu virus yang ditularkan melalui kegiatan seksual. Virus jenis ini juga menjadi salah satu yang memicu timbulnya penyakit kanker.

Banyak virus jenis ini yang relatif tidak berbahaya dan bisa hilang dengan sendirinya. Namun, banyak juga yang akhirnya berkembang menjadi kanker serviks, penis, vagina, dan dubur. Bahkan menggunakan kondompun tidak selalu mencegah penyebaran virus tersebut.

Oleh karena itu, berhubungan seks sebelum mendapatkan suntik vaksin HPV menjadi berbahaya. Selain memiliki risiko tinggi terkena virus HPV, kamu juga bisa mendapatkan risiko tinggi terkena kanker.

8. Kasus Langka, Berciuman Dapat Sebabkan Kanker

Kasus Langka, Berciuman Dapat Sebabkan Kanker

Dalam kasus yang jarang terjadi, berciuman ternyata dapat menyebabkan kanker. sekitar 98 persen dari kita akan berpotensi mendapatkan virus yang dapat berkembang menjadi kanker ketika dewasa. Virus tersebut bisa ditularkan baik dari mencium seseorang yang terjangkit virus tersebut, membagi makanan atau minuman dengannya, atau mungkin juga karena berada di dekat mereka ketika bersin atau batuk.

Virus tersebut mungkin relatif tidak berbahaya. Namun, dalam beberapa kasus yang jarang terjadi, virus ini dapat berkembang ke fase yang lebih tinggi menjadi kanker hidung, limfoma, dan kanker perut.

Loading...

Komentar Anda

Rekomendasi Artikel