7 Artis Indonesia yang Pernah Punya Masalah Karena Politik

Foto: 7 Artis Indonesia yang Pernah Punya Masalah Karena Politik Instagram
WowKeren dan Kanal247


Tinggalkan dunia hiburan untuk politik, para artis ini harus berurusan dengan hukum.

Kanal247.com - Fenomena artis yang terjun ke dunia politik semakin populer. Banyak dari para artis ini memutuskan untuk meninggalkan dunia hiburan demi berkarier di dunia perpolitikan Indonesia.

Baca juga ...

Banyak cara bagi para artis ini untuk melancarkan jalannya ke dunia politik. Ada yang mendaftar menjadi bupati, wali kota, hingga gubernur. Ada pula yang memilih jalannya sebagai wakil rakyat.


Sayangnya, jalan mereka di dunia politik tak selalu berjalan mulus. Seperti para artis ini, mereka justru tersandung kasus hukum lantaran memiliki masalah di dunia perpolitikan. Siapa saja mereka dan bagaimana kasusnya? Simak artikelnya sebagai berikut.

1. Farhat Abbas Dilaporkan Perkara Sebut Pilih Jokowi Bisa Masuk Surga

Farhat Abbas Dilaporkan Perkara Sebut Pilih Jokowi Bisa Masuk Surga Instagram

Farhat Abbas menjadi salah satu yang kerap terlibat urusan pelik dalam dunia politik. Mantan suami dari Nia Daniati ini menjadi salah satu pengacara yang langganan menangani para artis. Namun, dirinya sendiripun cukup kontroversial.

Farhat baru-baru ini dilaporkan ke polisi lantaran ujarannya di media sosial. Dalam unggahan Instagram pribadinya, Farhat yang menjadi juru kampanye Jokowi-Ma'ruf ini disebut membuat ujaran kebencian.

Dalam unggahannya, Farhat mengatakan jika orang yang memilih Jokowi akan masuk surga. ""Yang Pilih Pak Jokowi Masuk Surga! Yang Gak Pilih Pak Jokowi dan Yang Menghina, Fitnah & Nyinyirin Pak Jokowi! Bakal Masuk Neraka!," tulis Farhat.

Setelah itu, ia dilaporkan oleh kelompok Advokat Senopati 08 terkait ujaran kebencian Farhat. Menurut mereka, Farhat sudah berpotensi menyebabkan perpecahan dan keributan di masyarakat.

2. Lucky Hakim Kena Isu 'Ditransfer' Rp 5 Miliar Demi Pindah Partai

Lucky Hakim Kena Isu 'Ditransfer' Rp 5 Miliar Demi Pindah Partai Instagram

Sepak terjang Lucky Hakim di dunia hiburan sudah berlangsung lama. Ia memulai kariernya sebagai seorang model di beberapa iklan televisi. Selain itu, pria asal Cilacap ini juga bermain dalam sejumlah sinetron, FTV, hingga film.

Akan tetapi, dunia hiburan mulai ditinggalkan Lucky saat ia memutuskan terjun ke dunia politik. Pada saat itu, ia dicalonkan oleh Hatta Rajasa menjadi kandidat Calon Wakil Walikota Bekasi. Ia lantas maju mencalonkan diri menjadi Caleg DPR RI dari Partai PAN. Ia lolos dan menduduki jabatan di tahun periode 2014-2019.

Akan tetapi, menjelang akhir jabatannya, Lucky justru tersandung masalah. Ia terkena mendapatkan uang Rp 5 miliar untuk berpindah dari PAN ke Nasdem. Isu ini lantas mendapatkan sorotan dari Badan Pengawas Pemilu.

3. Angelina Sondakh Dijebloskan Penjara Karena Kasus Dugaan Suap dan Korupsi

Angelina Sondakh Dijebloskan Penjara Karena Kasus Dugaan Suap dan Korupsi Instagram

Artis Angelina Sondakh menjadi salah satu artis yang berurusan dengan hukum usai bergabung di dunia politik. Ia sebelumnya merupakan seorang Puteri Indonesia Sulawesi Utara pada tahun 2001. Hingga khirnya, Angelina memutuskan bergabung dalam Partai Demokrat dan menjadi anggota DPR RI periode 2004-2009 dan 2009-2014.

Akan tetapi, kiprahnya di dunia politik harus rusak lantaran dirinya tersandung kasus korupsi. Ia diduga terlibat kasus suap pembangunan wisma atlet SEA Games 2011.

Oleh karena itu, Angelina ditetapkan KPK sebagai tersangka dan divonis dengan hukuman 12 penjara. Selain itu, mantan istri dari almarhum Adjie Massaid tersebut juga diminta membayar sanksi sebesar Rp 40 miliar.

4. Zumi Zola Tinggalkan Dunia Hiburan dan Terkena Kasus Korupsi Saat Jabat Gubernur Jambi

Zumi Zola Tinggalkan Dunia Hiburan dan Terkena Kasus Korupsi Saat Jabat Gubernur Jambi Instagram

Meninggalkan dunia hiburan untuk terjun ke dunia politik, Zumi Zola lantas menjabat sebagai Gubernur Jambi. Namun, ia justru tersandung masalah hingga akhirnya harus dilengserkan.

Ayah Zumi sendiri merupakan mantan Gubernur Jambi pada periode 1999-2004 dan 2005-2010. Sang ayah dikenal sebagai seorang pejabat yang berprestasi dan menorehkan sejumlah kebijakan luar biasa.

Sayangnya, Zumi terlibat kasus korupsi dan ditetapkan sebagai tersangka dugaan suap RAPBD Jambi. Pada 9 April 2018, ia resmi menjadi tahanan KPK. Mantan kekasih Ayu Dewi ini juga dipecat dari keanggotaan PAN. Akhirnya, Zumi resmi dicopot dari jabatannya sebagai Gubernur Jambi.

5. Ratna Sarumpaet Terkena Kasus Hoaks

Ratna Sarumpaet Terkena Kasus Hoaks Instagram

Ratna Sarumpaet awalnya merupakan seorang seniman senior yang banyak bergelut di dunia panggung teater. Selain itu, ibunda dari Atiqah Hasiholan ini juga menjadi salah satu aktivis yang dinilai vokal dalam menyuarakan pendapat. Namun, ia juga dikenal sebagai salah satu aktivis yang kontroversial dan harus berurusan dengan polisi lantaran beberapa kasus.

Ratna pernah ditangkap pada tahun 2016 lantaran dugaan melakukan makar. Ia ditangkap bersama dnegan sejumlah orang yang diduga merencanakan kudeta terhadap pemerintahan Presiden Jokowi. Namun, Ratna dibebaskan keesokan harinya.

Setelah itu, Ratna berhasil membuat heboh masyarakat Indonesia dengan kasus hoaks yang menyerang dirinya. Ratna diketahui berbohong dengan mengatakan bahwa dirinya dipukul hingga lebam oleh sejumlah oknum. Ratna lantas mendapatkan pembelaan dari koalisi politiknya, yakni dari kubu Prabowo Subianto.

Berhasil membuat heboh, Ratna justru terungkap berbohong. Ia ternyata hanya melakukan operasi plastik dan terpaksa berbohong demi tidak diketahui oleh anak-anaknya.

Ratna lantas ditangkap dan ditahan oleh polisi saat tengah berada di Bandara Soekarno Hatta. Pada saat itu, Ratna tengah akan terbang ke Chile untuk menghadiri konferensi internasional.

6. Mandala Shoji Dicoret Jadi Caleg Usai Sempat Jadi Buron Kasus Pelanggaran Kampanye

Mandala Shoji Dicoret Jadi Caleg Usai Sempat Jadi Buron Kasus Pelanggaran Kampanye Instagram

Mandala Shoji dikenal sebagai seorang aktor dan juga pembawa acara realitas. Namun, Mandala baru-baru ini justru membuat heboh dunia hiburan Indonesia lantara ditetapkan sebagai buron.

Mandala menjadi buronan usai dinilai melakukan pelanggaran kampanye. Namun, ia akhirnya menyerahkan diri pada Jumat (8/2) lalu.

Mandala diketahui mengajukan diri menjadi Caleg DPR RI dari Partai Amanat Nasional (PAN). Namun, ia disebut sudah melakukan pelanggaran usai bagi-bagi kupon umroh saat kampanye pada bulan Oktober 2018 lalu. Mandala lantas dicoret dari daftar Caleg dan harus mendekam di penjara.

7. Terjun ke Dunia Politik, Ahmad Dhani Terlibat Sejumlah Kasus Hingga Ditahan

Terjun ke Dunia Politik, Ahmad Dhani Terlibat Sejumlah Kasus Hingga Ditahan Instagram

Memutuskan terjun ke dunia politik, musisi Ahmad Dhani justru terlibat sejumlah masalah. Ia bahkan kini ditahan di Rutan Medaeng karena kasus ujaran kebencian dan juga kasus vlog 'idiot'.

Ayah kandung Al Ghazali ini dilaporkan atas tiga cuitan dirinya yang dinilai memberikan ujaran kebencian kepada Ahok. Ahmad Dhani dilaporkan ke polisi oleh pendiri Basuki Tjahaja Purnama (BTP) Network, Jack Lapian.

Selain ujaran kebencian, Ahmad Dhani juga dilaporkan atas vlog yang dibuatnya. Dalam video tersebut, Ahmad Dhani mengomentari dirinya yang dicegat massa di Surabaya. Ia berkasus lantaran menyebut kelompok penolak deklarasi 2019 Ganti Presiden itu dengan sebutan "idiot". Simak beberapa kasus yang pernah menjerat Ahmad Dhani di sini.

Loading...

Komentar Anda

Rekomendasi Artikel

Loading...