Bingung Mengatasi Noda Kelunturan? Coba Gunakan 8 Bahan Ini

Foto: Bingung Mengatasi Noda Kelunturan? Coba Gunakan 8 Bahan Ini
WowKeren dan Kanal247


Buat kalian yang mengalami hal ini enggak perlu khawatir, banyak cara untuk menghilangkan noda kelunturan, lho.

Kanal247.com - Hampir setiap orang pernah mengalami kelunturan saat mencuci pakaian. Hal ini bisa menjadi masalah berat jika yang terkena adalah pakaian kesayangan kita apalagi yang berwarna putih. Kalian pasti merasa jengkel, bukan?

Baca juga ...

Menghilangkan noda luntur cukup sulit. Umumnya, orang-orang akan menggunakan pemutih. Namun, beberapa noda bandel tidak bisa hilang hanya menggunakan pemutih.


Buat kalian yang mengalami hal ini enggak perlu khawatir, banyak cara untuk menghilangkan noda kelunturan, lho. Mulai dari bahan kimia hingga bahan alami. Mau tahu apa saja? Simak di sini, ya.

1. Manfaatkan Citrun untuk Mengatasi Noda Kelunturan

Manfaatkan Citrun untuk Mengatasi Noda Kelunturan

Citrun adalah nama lain dari asam sitrat. Asam sitrat merupakan asam organik lemah yang ditemukan pada daun dan buah tumbuhan genus Citrus (jeruk-jerukan). Nah, bahan ini dapat digunakan untuk mengatasi kelunturan. Selain itu, noda yang sulit diatasi seperti tinta juga mudah hilang dengan citrun.

Untuk menggunakan citrun, kalian dapat mencampurkan cirtun ke dalam air atau langsung ke pakaiannya. Rendam citrun selama beberapa menit hingga noda memudar. Kemudian kucek, lali bilas pakaian yang terkena noda luntur tersebut. Kalian juga bisa menambahkan detergen dan garam pada campuran citrun tersebut.

2. Campuran Air Hangat Dan Detergen dapat Menghilangkan Noda

Campuran Air Hangat Dan Detergen dapat Menghilangkan Noda

Mengatasi noda kelunturan, kalian dapat menggunakan campuran air hangat dan detergen. Sama seperti sebelumnya, kalian hanya perlu mencampurkan air hangat dan detergen. Kemudian rendam pakaian yang kelunturan tersebut selama beberapa menit. Setelah dingin, kucek pakaian kalian dan bilas hingga bersih.

3. Hilangkan Noda dengan Baking Soda

Hilangkan Noda dengan Baking Soda

Bahan selanjutnya adalah baking soda. Kalian pasti sudah enggak asing dengan bahan untuk membuat kue ini, kan? Baking soda dapat kalian manfaatkan untuk menghilangkan noda luntur di pakaian. Selain itu, noda kuning di gigi juga dapat diatasi dengan baking soda, lho.

Cara menggunakan baking soda cukup mudah. Kalian hanya perlu mencampurkan baking soda dengan detergen. Kemudian oleskan pada pakaian yang terdapat noda luntur. Kucek sedikit kemudian rendam dengan air hangat. Setelah selesai bilas hingga bersih, ya.

4. Gunakan Alkohol

Gunakan Alkohol

Jika kalian memiliki alkohol di rumah, kalian dapat menggunakannya untuk mengatasi noda kelunturan. Alkohol dapat digunakan untuk noda yang berasal dari tinta.

Untuk menggunakan alkohol, kalian perlu menyiapkan bahan alin seperti detergen. Tuangkan alkohol pada noda kelunturan hingga memudar. Sebelum kering, celupkan pakaian tersebut pada air yang telah diberi detergen. Kucek hingga bersih dan bilas, ya.

5. Manfaatkan Aseton untuk Hilangkan Noda

Manfaatkan Aseton untuk Hilangkan Noda

Aseton merupakan cairan yang biasanya digunakan untuk menghilangkan kuteks. Nah, selain kuteks, kalian dapat memanfaatkan aseton untuk menghapus noda yang kelunturan. Kalian hanya perlu menuangkan aseton pada noda luntur tersebut. Kemudian tunggu selama sekitar 30 menit sebelum dicuci dengan detergen biasa.

6. Jeruk Nipis dapat Menghilangkan Noda Luntur

Jeruk Nipis dapat Menghilangkan Noda Luntur

Jeruk nipis biasanya digunakan untuk menghilangkan bau amis pada ayam. Rupanya, bahan untuk memasak ini juga dapat dimanfaatkan untuk membantu menghilangkan noda luntur pada pakaian. Coba peras air jeruk nipis pada noda luntur di pakaian, kemudian kucek sedikit. Selain itu, kalian dapat menggosokkan potongan jeruk nipis pada noda yang pakaian. Cuci hingga bersih dengan detergen setelahnya.

7. Hilangkan Noda dengan Asam Cuka

Hilangkan Noda dengan Asam Cuka

Bahan selanjutnya adalah asam cuka. Siapkan asam cuka, detergen dan air untuk mencuci. Kemudian tuangkan asam cuka pada noda pakaian, lalu kucek. Rendam pakaian tersebut dengan air yang telah dicampurkan detergen. Setelah noda hilang, bilas hingga bersih, ya.

8. Vetsin Alis Micin untuk Hilangkan Noda

Vetsin Alis Micin untuk Hilangkan Noda

Vetsin atau yang dikenal juga dengan micin juga dapat kalian gunakan untuk mengatasi kelunturan. Siapkan air hangat, kemudian campurkan detergen dan vetsin. Namun, pastikan penggunaan detergen tidak boleh lebih banyak dari vetsin.

Rendam pakaian yang terkena noda luntur hingga keseluruhan. Diamkan selama 30 menit kemudian kucek hingga noda hilang. Lalu bilas dengan air bersih, ya.

Loading...

Komentar Anda

Rekomendasi Artikel

Loading...