Doyan Makan Buah Naga? Kalian Bakal Dapat 7 Manfaat Kesehatan Tak Terduga Ini

Foto: Doyan Makan Buah Naga? Kalian Bakal Dapat 7 Manfaat Kesehatan Tak Terduga Ini
WowKeren dan Kanal247


Banyak orang yang mengonsumsi buah naga hanya karena rasanya yang enak tanpa tahu manfaat yang akan diperoleh.

Kanal247.com - Buah naga merupakan salah satu buah yang menjadi favorit sebagian orang. Buah yang berasal dari Amerika Tengah ini awalnya bermula dari kaktus yang kemudian berbunga dari sore lalu menjadi layu di pagi hari. Keindahan bunga buah naga mendapatkan julukan moonflower atau Queen of The Night.

Baca juga ...


Tak hanya tumbuhannya yang unik, buat naga memiliki bentuk khas dengan sisik besar yang menyerupai naga. Dagingnya berwarna merah keunguan namun juga ada yang berwarna putih dan kuning. Selain itu terdapat biji kecil yang dapat langsung dimakan.

Banyak orang yang mengonsumsi buah naga hanya karena rasanya yang enak tanpa tahu manfaat yang akan diperoleh. Padahal, buah naga bisa membuat jantung sehat dan mencegah kanker, lho.

Berikut 7 manfaat buah naga yang perlu kalian tahu. Simak di bawah ini, yuk!

1. Buah Naga untuk Detoksifikasi Tubuh

Buah Naga untuk Detoksifikasi Tubuh

Detoksifkasi tubuh sangat penting lantaran untuk mengeluarkan racun di dalam tubuh. Kalian dapat melakukannya dengan mengonsumsi bawang putih, minum air putih hingga mandi air hangat. Nah, kalian dapat mengeluarkan racun tubuh juga dengan makan buah naga, lho.

Mengonsumsi buah naga setiap hari dapat membersihkan racun dan logam berat secara alami serta membuat peredaran darah lancar. Perlu kalian tahu bahwa racun dan logam berat tersebut menjadikan tekanan darah tidak lancar.

2. Manfaat Buah Naga untuk Mengikat Kolesterol

Manfaat Buah Naga untuk Mengikat Kolesterol

Kolesterol jahat dalam tubuh akan berbahaya jika tidak dicegah. Buah naga rupanya memiliki senyawa yang mampu untuk mengikat kolesterol. Jika kalian mengonsumsinya secara teratur, akan terjadi pembersihan aliran darah sehingga kolesterol yang menyumbat arteri dapat hilang. Kalian dapat terhindar dari tekanan darah tinggi dan gangguan metabolisme.

3. Buah Naga Membuat Jantung Sehat

Buah Naga Membuat Jantung Sehat

Penelitian pada 2010 yang diterbitkan dalam jurnal Pharmacognosy Research menemukan konsumsi buah naga dapat menurunkan resiko penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. Hal ini lantaran buah tersebut mengandung monosaturasi yang baik untuk membantu menjaga jantung kita.

Selain itu, lycopene dalam buah naga juga menurunkan tekanan tinggi. Nah, kandungan ini akan mencegah penyakit jantung seperti serangan jantung mendadak. Buah naga juga kaya akan lemak omega 3 dan omega 6 yang dapat membantu meringankan gangguan kardiovaskular dalam tubuh.

4. Mencegah Diabetes dengan Buah Naga

Mencegah Diabetes dengan Buah Naga

Nah, buah naga mungkin jadi salah satu yang aman dikonsumsi untuk penderita diabetes. Buah naga memiliki kadar gula yang sangat rendah. Buah ini juga terbukti ampuh untuk menurunkan dan menyeimbangkan gula darah dan juga memperlancarkan metabolisme tubuh.

5. Membuat Pencernaan Lancar Karena Penuh Serat

Membuat Pencernaan Lancar Karena Penuh Serat

Buah naga kaya akan oligosakarida yang membantu meningkatkan pertumbuhan bakteri usus seperti lactobacilli dan bifidobacteria. Penelitian tentang prebiotik alami di Thailand menunjukkan bahwa buah ini membantu meningkatkan flora usus yang sehat, yang penting untuk pencernaan yang lancar.

Serat yang sangat tinggi di dalamnya dapat memperlancar pencernaan. Maka dari itu, penderita sembelit sebaiknya rajin mengonsumsi buah naga agar BAB lancar. Selain itu, sindrom iritasi usus dan bahkan kanker kolorektal dapat dicegah, lho.

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Buah naga memiliki kadar vitamin C yang cukup tinggi sehingga meningkatkan kekebalan tubuh dan juga merangsang aktivitas antioksidan lain dalam tubuh. Antioksidan akan bekerja meningkatkan jumlah trombosit. Nah, manfaat ini dapat mengobati demam berdarah dan membantu cepat pulih.

Selain buah naga, banyak makanan yang rupanya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, seperti bawang putih, cabai, bayam dan masih banyak lagi. Untuk selengkapnya, kalian bisa simak di sini.

7. Buah Naga dapat Mencegah Kanker

Buah Naga dapat Mencegah Kanker

Seperti sebelumnya telah disebutkan bahwa buah naga mengandung lycopene. Kandungan tersebut yang bertanggung jawab menyediakan warna merah pada buah tersebut. Nah, rupanya lycopene dapat merendahkan resiko terkena kanker, lho.

Tidak hanya lycopene, buah naga juga kaya akan antioksidan hytoalbimin yang membantu pembentukan radikal bebas karsiogenik dalam tubuh. Wah, manfaatnya banyak banget, ya.

Komentar Anda

Rekomendasi Artikel

Loading...