Waspada, Virus Corona Bisa Hidup di Permukaan Benda-benda Ini Cukup Lama

Foto: Waspada, Virus Corona Bisa Hidup di Permukaan Benda-benda Ini Cukup Lama
WowKeren dan Kanal247


Para peneliti menyebutkan jika virus corona dapat menempel di permukaan benda dalam waktu yang bermacam-macam. Apa saja benda-benda yang patut diwaspadai?

Kanal247.com - Virus corona diketahui memang tersebar melalui tetesan air liur yang dapat menempel di permukaan benda. Sehingga, banyak korban positif virus corona karena menyentuh benda-benda yang terkena tetesan air liur tersebut.

Baca juga ...

Virus corona pun dapat hidup dalam waktu yang berbeda-beda dalam setiap jenis benda. Mulai dari hitungan jam hingga hitungan hari. Kewaspadaan usai menyentuh benda-benda saat ini pun patut ditingkatkan.


Berapa lama virus corona bisa hidup di permukaan benda? Simak penjelasannya di sini, ya!

1. Virus Corona Bisa Bertahan Hingga 8 Jam di Aluminium

Virus Corona Bisa Bertahan Hingga 8 Jam di Aluminium

Benda-benda yang terbuat dari aluminium disebut-sebut bisa membuat virus corona hidup selama 2 hingga 8 jam lamanya. Alat-alat makan yang terbuat dari aluminium tentu semakin wajib diperhatikan kebersihannya, nih.

Pastikan benar-benar membersihkan benda-benda terbuat dari aluminium milikmu dengan baik. Kamu bisa menggunakan sabun dengan kandungan desinfektan.

2. Perlu 2 Hari agar Virus Corona Mati di Permukaan Besi atau Baja

Perlu 2 Hari agar Virus Corona Mati di Permukaan Besi atau Baja

Sempat mendengar jika gagang pintu menjadi menyebar virus corona paling banyak? Hal ini disebabkan karena virus corona diperkirakan bisa hidup di benda terbuat dari besi atau baja selama 48 jam atau 2 hari.

Sehingga, pastikan untuk benar-benar langsung cuci tangan setelah memegang permukaan benda yang terbuat dari baja atau besi. Jangan menyentuh benda-benda lainnya agar benda lain "tak tertular".

3. COVID-19 Bertahan 4 Hari di Permukaan Kertas, Meja, dan Kaca

COVID-19 Bertahan 4 Hari di Permukaan Kertas, Meja, dan Kaca

Kertas, kayu, dan kaca diperkirakan bisa dihinggapi oleh virus corona selama 4 hari lamanya. Sehingga, kewaspadaan terhadap benda-benda yang terbuat dari tiga bahan tersebut harus digencarkan.

Benda-benda di rumah tentu banyak sekali yang terbuat dari kertas, kayu, dan kaca bukan? Pastikan membersihkan benda-benda tersebut dengan baik dan usahakan selalu cuci tangan setelah menyentuhnya.

4. Plastik Bisa Dihinggapi Virus Corona Hingga 5 Hari

Plastik Bisa Dihinggapi Virus Corona Hingga 5 Hari

Benda-benda yang terbuat dari plastik tentu bisa tidak terhitung jumlahnya. Selain tidak ramah lingkungan, plastik juga bisa dihinggapi virus corona 5 hari atau kurang.

Sudah deh tak perlu pikir dua kali untuk mengurangi penggunaan plastik saat ini.

5. Virus Corona Hidup 5 Hari di Permukaan Logam dan Keramik

Virus Corona Hidup 5 Hari di Permukaan Logam dan Keramik

Virus corona bisa tetap hidup di permukaan benda yang terbuat dari logam dan keramik selama 5 hari, lho. Dua benda tersebut tentu mudah sekali ditemui bahkan di rumah.

Banyak alat makan yang terbuat dari keramik, bukan? Wah, ngeri banget jika alat makan kita ternyata ditinggali virus corona.

6. Bahan Terbuat dari Lateks Bikin Virus Corona Hidup 8 Hari

Bahan Terbuat dari Lateks Bikin Virus Corona Hidup 8 Hari

Virus corona paling lama hidup di bahan-bahan yang terbuat dari lateks, yakni 8 hari lamanya. Lateks sendiri terdiri atas partikel karet dan bahan bukan karet (non-rubber) yang terdispersi di dalam air. Lateks juga merupakan suatu larutan koloid dengan partikel karet dan bukan karet yang tersuspensi di dalam suatu media yang mengandung berbagai macam zat.

Salah satu bendanya yakni roda, memang jarang menyentuh benda terbuat dari lateks tapi bukan berarti tidak pernah bukan?

7. Virus Corona Juga Hidup di Udara

Virus Corona Juga Hidup di Udara

Virus corona ternyata juga bisa hidup di udara, lho. Pasalnya, tetesan air liur tentu tidak langsung menyentuh permukaan benda. Peneliti menyebutkan bahwa virus corona dapat ditangguhkan selama sekitar setengah jam di udara sebelum menetap di permukaan sebuah benda, sekitar 10 hingga 30 menit. Bahkan ada yang menyebutkan sampai 3 jam, lho. Para peneliti masih tidak bisa memastikan lamanya virus corona hidup di udara.

Cukup menakutkan bukan "kehidupan" virus corona pada benda-benda. Sehingga, cuci tangan dengan rajin tentu menjadi kunci menghindari. Jangan menyentuh bagian wajah terutama mulut, hidung, dan mata ketika tangan kotor ya.

Sudah deh, lebih baik #DiRumahAja dan jaga jarak minimal 1 meter dengan orang lain, ya. Kamu bisa lakukan challenge Instagram seperti para selebriti kok ketika di rumah, cek beragam tantangannya di sini deh!

Komentar Anda

Tags

Rekomendasi Artikel