Jangan Kebanyakan, 7 Dampak Mengerikan Bisa Muncul Karena Makan Daging Berlebihan

Foto: Jangan Kebanyakan, 7 Dampak Mengerikan Bisa Muncul Karena Makan Daging Berlebihan unsplash



Momen Iduladha identik dengan makan beragam menu daging, pastikan untuk mengonsumi tidak berlebihan karena justru mendatangkan banyak dampak mengerikan.

Kanal247.com - Momen Iduladha memang selalu identik dengan memakan berbagai makanan berbahan dasar daging. Tentu bukan hal aneh mengingat pemotongan serta pembagian daging kurban dilakukan saat Lebaran Besar.

Baca juga ...

Namun, tentu mengonsumsi daging berlebihan akan mendatangkan dampak buruk nih. Seperti kata pepatah, sesuatu yang berlebih-lebihan itu tidak baik.


Yuk, cermati dampak buruk yang bisa didapat karena terlalu banyak makan daging di bawah ini.

1. Kenaikan Berat Badan Tidak Terhindarkan

Kenaikan Berat Badan Tidak Terhindarkan unsplash

Daging diketahui sebagai bahan makanan yang mengandung banyak protein. Protein memang sangat baik bagi tubuh, misalnya untuk meningkatkan masa oto. Namun, jika dikonsumsi terlalu banyak maka protein tersebut akan tersimpan sebagai lemak. Lemak inilah yang membuat berat badan naik. Apalagi jika daging diolah menjadi menu yang mengandung banyak lemak jahat seperti bakso.

2. Salah Satu Alasan Tubuh Dehidrasi

Salah Satu Alasan Tubuh Dehidrasi unsplash

Terlalu banyak protein di dalam tubuh kita dapat menyebabkan ginjal memproduksi urine yang lebih pekat. Hal tersebut merupakan salah satu tanda tubuh kita dehidrasi atau kekurangan cairan. Jika dehidrasi tersebut dibiarkan akan memunculkan masalah kesehatan lain seperti tubuh menjadi kusam, nafsu makan bertambah yang dapat menyebabkan obesitas.

3. Kebanyakan Daging Membuat Sakit Kepala

Kebanyakan Daging Membuat Sakit Kepala unsplash

Pernahkah kamu mendadak pusing atau sakit kepala usai mengonsumsi olahan daging? Ini bisa menandakan kamu terlalu banyak mengonsumsi daging, lho. Terlalu banyak mengonsumsi daging dapat menyebabkan timbulnya sakit kepala, karena tubuh mengalami dehidrasi. Jika tidak segera ditangani akan berdampak buruk pada kesehatan tubuh. Selain itu mengonsumsi makanan tinggi lemak seperti daging sapi dapat menyebabkan naiknya tekanan darah yang pada akhirnya juga dapat menyebabkan sakit kepala.

4. Muncukan Risiko Kena Sembelit

Muncukan Risiko Kena Sembelit unsplash

Daging merupakan jenis makanan yang hampir tidak mempunyai kandungan serat. Padahal, tubuh harus mendapatkan serat cukup agar pencernaan normal. Biasanya serat didapatkan dari asupan buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian. Kebanyakan makan daging tanpa diimbangi dengan sayur atau buah dapat membuat kita mengalami sembelit.

5. Penyakit Batu Ginjal Bisa Didapat Karena Konsumsi Daging Berlebihan

Penyakit Batu Ginjal Bisa Didapat Karena Konsumsi Daging Berlebihan unsplash

Protein berlebih karena mengonsumsi daging terlalu banyak juga memunculkan dampak tidak baik. Protein berlebih dari konsumsi daging bahkan dapat mempengaruhi ginjal. Hal tersebut disebabkan karena senyawa purin dari daging dapat membentuk asam urat yang dapat meningkatkan risiko batu ginjal.

6. Kolesterol Naik Picu Gangguan Jantung

Kolesterol Naik Picu Gangguan Jantung unsplash

Banyaknya lemak yang kita dapat karena berlebihan makan daging juga membuat kadar kolesterol naik, nih. Daging tinggi lemak jahat dapat meningkatkan kolesterol 'buruk' pada tubuh dan menyebabkan risiko jantung. The American Heart Association merekomendasikan membatasi lemak jenuh 5 hingga 6 persen dari total kalori. Namun, jika tubuh kita mengonsumsi banyak serat akan menjaga penyerapan kolesterol yang dapat melindungi jantung.

7. Naikkan Risiko Terkena Kanker

Naikkan Risiko Terkena Kanker unsplash

Penilitan menunjukkan bahwa jika orang yang mengonsumsi daging merah lebih dari 18 ons seminggu dapat meningkatkan risiko kanker kolorektal. Sering mengonsumsi daging olahan juga membuat tubuh rentan terhadap kanker lambung dan kanker usus besar, menurut American Institute for Cancer Research.

Waduh, cukup mengerikan ya dampak terlalu banyak mengonsumsi daging. Jangan sampai berlebihan, ya! Konsumsi kue berlebihan juga mempunyai dampak tak kalah buruk, nih. Coba cari tahu di sini, ya!

Komentar Anda

Tags

Rekomendasi Artikel