Jangan Anggap Sepele, Ini 7 Tips Menyimpan Buah-Buahan Agar Tidak Cepat Busuk

Foto: Jangan Anggap Sepele, Ini 7 Tips Menyimpan Buah-Buahan Agar Tidak Cepat Busuk
WowKeren dan Kanal247


Enggak semua buah bisa diperlakukan sama saat disimpan, lho. Kesalahan yang kalian lakukan bisa-bisa membuat buah malah cepat busuk.

Kanal247.com - Membeli buah-buahan di pasar atau super market mungkin jadi rutinitas sebagian orang setiap bulan. Umumnya, seseorang akan membeli buah-buahan dalam jumlah yang banyak sebagai stok.

Baca juga ...


Namun, banyak orang yang masih salah dalam menyimpan buah-buahan. Terkadang buah tersebut menjadi busuk atau kualitas dan kesegarannya sudah tidak maksimal lagi. Bukannya dimakan buah malah jadi terbuang sia-sia deh.

Menyimpan buah mungkin terlihat sepele, namun enggak semua dari mereka bisa diperlakukan sama. Tidak semua bisa disimpan di kulkas agar tidak cepat busuk. Tidak semua juga bisa dimasukkan ke dalam plastik.

Nah, agar tidak salah langkah, berikut 7 tips cara menyimpan buah yang baik. Simak di sini, ya!

1. Simpan Buah di Tempat Kering

Simpan Buah di Tempat Kering

Cara pertama menyimpan buah yang benar adalah ditempat yang kering. Kelembapan buah harus tetap terjaga karena kandungan air akan membuatnya tetap segar. Buah akan menjadi layu dan kisut akibat penguapan jika kekurangan air.

Tetapi buah harus tetap disimpan di tempat keting agar tidak mudah membusuk. Kalian juga enggak boleh mencuci buah terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam kulkas, ya. Letakkan buah di wadah tertutup yang sudah dilapisi kertas untuk menyerap embun di dalamnya.

2. Pisahkan Buah yang Busuk dan Tidak

Pisahkan Buah yang Busuk dan Tidak

Penjual buah biasanya mencampur buah yang matang dengan setengah matang atau bahkan belum makan ketika diserahkan pada pembeli. Hal itu bertujuan agar buah yang matang dapat dimakan terlebih dahulu sementara yang lain tidak cepat busuk ketika disimpan.

Ketika mendapat buah dengan tingkat kematangan yang berbeda, cara penyimpannya pun harus dipisahkan. Kalian harus mengecek lokasi penyimpanan buah secara berkala untuk memeriksa apa ada yang mulai membusuk. Buah yang matang dapat mengeluarkan gas yang memicu pembusukan pada buah yang lain. Jadi, buah-buahan tersebut dapat menjangkit lainnya seperti penyakit.

3. Apel Disimpan dengan Cara Dibungkus Kertas

Apel Disimpan dengan Cara Dibungkus Kertas

Buah apel memproduksi gas etilen yang dapat mempercepat proses pembusukan. Kalian sebaiknya tidak menyimpan buah apel dengan buah lainnya dalam wadah yang sama. Buah lain akan menyerap gas etilen tersebut dan membusuk.

Cara menyimpan apel yang baik adalah dengan membungkusnya dengan kertas atau koran. Jangan biarkan apel saling bersentuhan satu sama lain lantaran proses pematangannya akan lebih cepat dan menjadi busuk. Selain itu, kalian harus memilih koran yang tidak memiliki tinta, ya. Jangan bungkus apel terlalu ketat, kemudian masukkan bungkusan tersebut dalam wadah dan disimpan di tempat yang dingin.

4. Sebaiknya Pisang Tak Disimpan dalam Kulkas

Sebaiknya Pisang Tak Disimpan dalam Kulkas

Buat yang sering menyimpan pisang di dalam kulkas dengan harapan tidak cepat busuk, kalian salah besar. Perlu kalian tahu bahwa menyimpan pisang di dalam kulkas dapat mengubah rasa dan aroma pisang.

Membuat pisang bertahan lama mungkin cukup sulit lantaran buah satu ini memang cepat matang. Pisahkan terlebih dahulu pisang yang belum dan sudah matang. Biarkan pisang matang berada di suhu ruangan. Agar tidak cepat busuk, lepaskan pisang satu per satu dari tandannya. Bungkus bonggol pisang dengan plastik satu per satu untuk mencegah munculnya gas etilena yang diproduksi secara alami.

5. Simpan Anggur dalam Kulkas

Simpan Anggur dalam Kulkas

Berbeda dengan pisang, anggur malah akan bertahan lama jika disimpan di dalam kulkas. Kandungan air yang banyak di dalamnya membuat anggur membutuhkan suhu yang selalu dingin.

Jika disimpan dalam kulkas, anggur bisa bertahan 10 hari. Usia anggur akan lebih lama lagi jika disimpan di dalam freezer, yakni sekitar 3 bulan. Nah, sebelum disantap, simpan anggur terlebih dahulu di suhu ruangan agar mencair.

6. Cara Menyimpan Alpukat yang Baik

Cara Menyimpan Alpukat yang Baik

Alpukat juga merupakan buah yang cepat matang. Jika kalian membeli alpukat yang belum matang, cukup simpan di dalam beras atau wadah tertutup, maka buah tersebut akan matang dengan sendirinya.

Nah, untuk menyimpan alpukat yang sudah matang. Kalian memerlukan plastik kedap udara untuk menyimpannya. Masukkan alpukat ke dalam kantong tersebut. Keluarkan seluruh udara di dalamnya, jangan biarkan oksigen masuk ke dalamnya. Lalu, masukkan alpukat yang sudah dibungkus plastik ke dalam kulkas. Udara dingin akan menghambat proses pematangan alpukat.

7. Jangan Tumpuk Jeruk saat Menyimpannya

Jangan Tumpuk Jeruk saat Menyimpannya

Pindah ke buah sejuta umat, yakni jeruk. Buah satu ini memerlukan ruangan yang dingin untuk menjaga kualitas dan kesegarannya. Jika kalian menyimpan jeruk di suhu dingin, buah dengan vitamin C tinggi ini dapat bertahan hingga satu bulan, lho.

Namun, untuk menyimpan jeruk jangan ditumpuk, ya. Penyimpanan seperti itu akan buah yang berada di dasar menjadi rusak.

Komentar Anda

Rekomendasi Artikel

Loading...