Tak Banyak Diketahui, 7 Kebiasaan Sehari-Hari Ini Bakal Jadi 'Monster' di Masa Depan

Foto: Tak Banyak Diketahui, 7 Kebiasaan Sehari-Hari Ini Bakal Jadi 'Monster' di Masa Depan
WowKeren dan Kanal247


Tak pernah diperhatikan oleh orang-orang, 7 kebiasaan yang kerap dilakukan sehari-hari ini bisa mendatangkan masalah serius di masa depan. Penasaran? Simak di sini!

Kanal247.com - Sebuah kebiasaan memang menjadi hal yang sangat sulit dihilangkan. Apalagi jika hal itu sudah dilakukan setiap hari. Cara menghindari dampak negatif dari kebiasaan sehari-hari pun akan sulit dilewati.

Baca juga ...

Tak pernah dibayangkan sebelumnya, kegiatan-kegiatan ini bahkan bisa mendatangkan mala metaka di masa depan. Kerugian materi hingga kesehatan terganggu bisa didapatkan jika tidak mengubah kebiasaan-kebiasaan ini.


Penasaran kegiatan sehari-hari apa yang patut diperhatikan? Simak penjelasan serta cara menanggulanginya di sini!

1. Makan Snack Walau Tak Lapar

Makan Snack Walau Tak Lapar

Memakan snack ketika tak sedang lapar ternyata harus dihindari, lho. Apalagi snack dikenal memiliki kandungan-kandungan yang tidak baik dikonsumsi berlebihan bagi tubuh. MSG, pewarna buatan, bahkan garam berlebihan disebut-sebut selalu menjadi bagian tak terhindarkan dari sebuah snack.

Apalagi jika kamu memakan snack kala tidak lapar. Pasalnya tubuhmu tidak memberimu sinyal sedang lapar. Alhasil, berat badan yang meningkat pun bisa menjadi dampak ketika makan snack kala tak lapar.

Cara mengatasinya tentu mudah, pastikan perutmu sudah merasa ingin diberi asupan sebelum memutuskan untuk memakan snack. Ubah juga makanan ringanmu menjadi lebih sehat untuk menghindari bahan-bahan yang menimbulkan penyakit. Selamat mencoba!

2. Terlalu Sering Nonton Televisi

Terlalu Sering Nonton Televisi

Terlalu sering di hadapan televisi menjadi satu lagi kebiasaan yang berdampak sangat buruk. Meski televisi adalah sebuah benda elektronik yang memungkinkan orang-orang mendapatkan hiburan dan informasi, bukan berarti intensitasnya tidak dikontrol.

Pasalnya, televisi bisa memancarkan radiasi yang tidak baik bagi tubuh. Tidak hanya itu, ketika menonton televisi orang-orang terbiasa tak banyak bergerak. Hal ini bisa memicu penyakit jantung, lho. Diabetes, insomnia, hingga mudah gemuk juga menjadi penyakit lain yang akan datang. Seram, ya?

Cara mengatasinya cukup mudah, pastikan untuk membatasi menonton televisi menjadi maksimal 2 jam per hari. Pastikan juga kamu menonton dengan jarak yang aman yakni sekitar 100 meter. Jangan lupa juga untuk sering-sering bergerak ketika menonton televisi, ya!

3. Hobi Belanja Menggunakan Kartu Kredit

Hobi Belanja Menggunakan Kartu Kredit

Hobi belanja sudah menjadi kebiasaan yang buruk, apalagi jika menggunakan kartu kredit? Wah, kamu benar-benar harus menghindarinya. Seperti yang diketahui kartu kredit dapat diibaratkan sebagai meminjam uang terlebih dahulu dan dibayarkan kemudian. Hal itu tentu menjadi suatu hal yang berdampak negatif ketika tiba-tiba kamu ada di posisi tidak bisa membayarkan tagihan.

Jadi, mulai saat ini terbiasalah untuk tidak menggunakan kartu kredit selain waktu-waktu genting. Jika tidak mau ribet dengan membawa uang banyak, kamu bisa memilih untuk menggunakan kartu debit. Memakai uang elektronik juga bisa dijadikan solusi, lho. Apalagi uang elektronik justru sering memberikan cashback atau diskon. Jadi lebih untung, bukan?

4. Selalu Sering Makan Fast Food

Selalu Sering Makan Fast Food

Makanan cepat saji alias fast food memang biang kerok banyak sekali masalah kesehatan, nih. Meski enak dan didapatkan dengan mudah, kamu patut sekali untuk menghindari makakanan satu ini jika ingin menjalani masa tua dengan tubuh sehat.

Kandungan dalam fast food akan memicu penyakit-penyakit ganas seperti diabetes dan jantung mendekati tubuh. Penyakit ini tidak akan muncul dalam waktu berdekatan dengan jarak makan fast food tapi bertahun-tahun selanjutnya.

Jika memang masih ingin makan fast food, pastikan kamu mau mengimbangi dengan olah raga dengan rutin. Membawa bekal dari rumah ketika menghadiri berbagai acara pun bisa menjadi solusi juga. Ingat, tidak ada yang lebih sehat dari masakan ibu!

5. Makan Berlebihan Kala Galau

Makan Berlebihan Kala Galau

Siapa nih yang nafsu makannya meningkat ketika galau? Wah, kamu harus hati-hati nih karena makan terlalu banyak ketika emosi sedang labil tidak diperbolehkan. Pasalnya, tubuhmu kala itu tidak benar-benar membutuhkan asupan makanan.

Jika secara tiba-tiba merasa lapar patut dipastikan apakah itu hanya perasaan yang ditimbulkan oleh emosimu atau memang sebenarnya. Sedih, senang, stres, dan emosi lainnya bisa memberikan ilusi tidak benar akan tubuhmu sendiri. Tidak heran jika ketika galau orang-orang kerap merasa berat badan bertambah.

6. Tak Bisa Tinggalkan Rokok

Tak Bisa Tinggalkan Rokok

Bahaya rokok tampaknya sudah diucapkan oleh semua orang, bahkan para produsen pun menunjukkan dampak nyata dari kebiasaan ini di produk mereka. Apalagi dampak dari rokok tidak hanya didapatkan oleh penggunanya lho namun juga yang menghirup asapnya. Namun, tampaknya merokok sulit sekali dilepaskan.

Cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan ketergantungan dari rokok memang tidak bisa dilakukan langsung. Mengurangi jatah merokok sedikit demi sedikit setiap harinya patut dilakukan oleh perokok. Misal jika per hari 10 rokok, mulai dikurangi menjadi 8 dan seterusnya secara bertahap. Hal itu terbukti efektif menghilangkan kebiasaan merokok meski membutuhkan waktu yang cukup lama untuk benar-benar berhenti. Berani coba?

7. Sarapan Ketika Tidak Merasa Lapar

Sarapan Ketika Tidak Merasa Lapar

Banyak orang berpendapat bahwa sarapan adalah hal yang wajib dilakukan sebelum melakukan kegiatan sehari-hari. Namun, ada pula lho yang beranggapan makan di pagi hari ketika tidak lapar tak seharusnya dilakukan. Meski begitu tidak ada salahnya untuk mengurangi makanan yang dimakan saat sarapan.

Makan terlalu banyak saat sarapan tentu akan membuat tubuh merasa tidak nyaman. Dampaknya jadi mudah mengantuk dan bisa menambah berat badan lho jika kegiatanmu hanya memungkinkanmu untuk duduk saja. Sarapan ketika tidak lapar memiliki dampak mirip dengan makan snack dan dikombinasikan dengan efek menonton televisi terlalu yang telah dibahas sebelumnya. Duh, jangan sampai ya!

Lebih baik mengurangi jatah makananmu untuk sarapan dan menggantinya dengan menu yang mengandung gula. Pasalnya, gula juga bisa menjadi tenaga seperti karbohidrat. Eiiitss, tentu jangan terlalu banyak juga!

Nah, untuk hidup yang lebih sehat belajar memasak menjadi kuncinya. Jangan khawatir, banyak sekali makanan yang bisa dimasak tanpa ribet! Cukup miliki magic com kamu bisa jadi jago masak. Penasaran? Klik di sini!

Komentar Anda

Tags

Rekomendasi Artikel

Loading...