Jangan Sampai Lupa, 7 Hal Ini Jadi Alasan Wajib Cuci Muka Sebelum Tidur

Foto: Jangan Sampai Lupa, 7 Hal Ini Jadi Alasan Wajib Cuci Muka Sebelum Tidur pinterest
WowKeren dan Kanal247


Tak banyak diketahui orang, ternyata cuci muka sebelum tidur adalah hal yang wajib dilakukan karena memiliki beberapa alasan penting ini. Tidak hanya merawat kulit semata, lho.

Kanal247.com - Mandi sebelum tidur memang bukan kebiasaan orang Indonesia. Pasalnya sejak kecil kita memang terbiasa melakukan mandi 2 kali sehari, yakni bangun tidur dan waktu sore. Sehingga, langsung tidur tanpa cuci muka pun menjadi kerap dilakukan masyarakat Tanah Air.

Baca juga ...

Ternyata langsung tidur tanpa membersihkan muka itu tidak baik, lho. Bukan hanya sekadar menjaga wajah kita agar terhindar dari kuman tapi ternyata ada beberapa alasan mengejutkan. Alasan itulah yang membuat kita wajib mencuci wajah secara bersih sebelum tidur.


Penasaran alasan apa saja? Cari tahu di sini.

1. Lebih Aman dari Masalah Wajah

Lebih Aman dari Masalah Wajah pinterest

Masalah wajah seperti jerawat, komedo, kulit berminyak, penuaan dini, dan lain sebagainya ternyata bisa diatasi dengan selalu cuci muka sebelum tidur lho. Pasalnya, cuci muka sebelum tidur akan membuang sisa-sisa riasan pada wajah dan juga melepas kuman-kuman.

Seperti yang kita ketahui, melakukan kegiatan sehari-hari tentu membuat kuman menempel di wajah. Kotoran itulah yang membawa semua masalah wajah. Jangan sampai masalah makin parah baru menyesal tidak cuci muka, ya.

2. Terhindar dari Infeksi Mata

Terhindar dari Infeksi Mata pinterest

Nah, bukan cuma masalah kulit wajah nih pentingnya cuci muka sebelum tidur. Terhindar dari infeksi yang menyerang mata juga bisa. Hal ini dapat dihindari lantaran riasan di bagian matamu terangkat ketika cuci muka.

Riasan mata dapat menyebabkan folikel rambut, juga kelenjar minyak tertutup sehingga menyebabkan penumpukan bakteri yang dapat menyebabkan infeksi. Peradangan dan iritasi adalah masalah yang kerap timbul jika kita tidak menghapus riasan pada area mata sebelum tidur. Duh, seram kan.

3. Sirkulasi Darah Lancar dan Menjaga Saraf Sehat

Sirkulasi Darah Lancar dan Menjaga Saraf Sehat pinterest

Mencuci muka sebelum tidur juga membantu melancarkan sirkulasi darah dan menjaga kesehatan saraf, lho. Mencuci wajah sebelum tidur dengan air hangat mampu membantu melancarkan sirkulasi darah di wajah. Jika sirkulasi darah lancar tentu akan mempengaruhi penampakan wajah yang terlihat selalu segar.

Tak cuma melancarkan sirkulasi darah, mencuci wajah sebelum tidur dengan air hangat juga dapat memberikan rangsangan-rangsangan pada syaraf wajah. Tentu saja hal ini sangat baik karena akan membuat syaraf selalu sehat. Asyik, kan?

4. Bakal Bantu Hempaskan Pipi Tembam

Bakal Bantu Hempaskan Pipi Tembam pinterest

Siapa yang kesal karena memiliki pipi tembam? Ternyata mencuci muka sebelum tidur juga bisa membantu untuk menghilangkan lemak yang ada di pipi, lho.

Mencuci wajah dengan air hangat sebelum tidur secara teratur dapat membantu menghilangkan lemak-lemak yang tinggal di dalam pipi kita, nih. Jadi, wajah akan terlihat lebih tirus. Berani buktikan?

5. Mengeluarkan Racun pada Wajah

Mengeluarkan Racun pada Wajah pinterest

Polusi dan makanan-makanan yang kita temui sehari-sehari ternyata bisa membawa racun di wajah kita, lho. Racun-racun itu akan menempel di kulit kita dan sangat sulit dibersihkan. Hal inilah yang membuat cuci muka menggunakan sabun penting sekali sebelum masuk ke alam mimpi.

Mencuci wajah akan membantu untuk membuka pori-pori kulit dan menghasilkan keringat. Keringat-keringat itu akan membawa racun keluar dari dalam tubuh. Menarik!

6. Membantu Tidur Lebih Rileks

Membantu Tidur Lebih Rileks pinterest

Ada yang merasa gelisah tiap mau tidur sehingga membuat insomnia? Bisa jadi belum cuci muka adalah alasannya, nih. Otot-otot wajah bisa tegang dengan banyaknya pikiran kita seharian, nih. Otot tegang inilah yang bisa membuat kita sulit tidur.

Dengan membasuh wajah sebelum tidur, otot-otot tegang itu perlahan menghilang. Efek relaksasi akibat menenangkan otot dan syaraf ini menjadi bukti nyata pentingnya cuci muka sebelum tidur.

7. Meredakan Stres

Meredakan Stres pinterest

Otot-otot tegang yang membuat kita tidak bisa tidur juga bisa diakibatkan karena stres, lho. Seperti yang kita tahu, stres juga akan membuat masalah-masalah pada wajah bermunculan. Sehingga, mencuci muka sebelum tidur wajib dilakukan untuk memberikan efek menyejukkan dan menenangkan.

Hayo berani buktikan sendiri manfaat-manfaat mencuci wajah sebelum tidur di atas? Tidak ada ruginya bukan menyisakan 5 menit saja untuk mencuci wajah sebelum tidur jika memiliki banyak sekali manfaat?

Jika masih tidak bisa tidur usai membasuh bersih wajahmu, bisa jadi kamu baru saja minum-minuman yang membuat insomnia nih. Bukan cuma kopi lho yang membuat kita bergadang. Penasaran apa saja minuman yang membuat insomnia? Baca di sini!

Komentar Anda

Tags

Rekomendasi Artikel

Loading...