7 Hal Tak Terduga Sekaligus Sederhana Ini Bisa Bantu Tingkatkan Kecerdasan, Yuk Coba!

Foto: 7 Hal Tak Terduga Sekaligus Sederhana Ini Bisa Bantu Tingkatkan Kecerdasan, Yuk Coba!
WowKeren dan Kanal247


Mempunyai kecerdasan di atas rata-rata tentu menjadi harapan semua orang, ternyata hal itu bisa ditingkatkan dengan melakukan hal-hal sederhana setiap hari. Apa saja?

Kanal247.com - Kecerdasan seseorang bukanlah sebuah hal yang didapatkan sejak lahir. Pengetahuan yang didapatkan tentu akan mempengaruhi tingkat kecerdasan otak kita.

Baca juga ...

Siapa mengira jika hal-hal sederhana yang bisa dilakukan setiap hari ternyata juga bisa membantu meningkatkan kecerdasan? Kebiasaan ini bahkan mudah dilakukan dan justru akan sangat mengasyikkan.


Penasaran apa saja kebiasaan sederhana yang mampu meningkatkan kecerdasan? Simak caranya di sini.

1. Minum 2 Gelas Air Setelah Bangun Tidur Hindarkan Otak dari Dehidrasi

Minum 2 Gelas Air Setelah Bangun Tidur Hindarkan Otak dari Dehidrasi unsplash

Kala tidur, tubuh kita tidak mendapatkan asupan cairan sedikit pun selama berjam-jam. Padahal cairan sangat dibutuhkan untuk membantu organ-organ tubuh berfungsi secara maksimal.

Nah, meminum dua gelas air setelah bangun tidur dipercaya bisa mengisi kekurangan cairan selama tidur. Sehingga, otak tidak mengalami dehidrasi karena kekurangan cairan. Tubuh menjadi lebih fit deh untuk memulai hari.

2. Tidur Siang Bantu Segarkan Otak

Tidur Siang Bantu Segarkan Otak unsplash

Siapa yang suka tidur siang? Semua orang sepertinya suka, bukan? Nah, ternyata tidur siang juga sangat membantu meningkatkan kecerdasan lho.

Penelitian membuktikan jika tidur siang bisa membantu mempercepat proses mempelajari sesuatu, lho. Pasalnya, tidur siang bisa mengistirahatkan otak untuk kembali segar. Sehingga, orang-orang akan lebih fokus sekaligus produktif. Kabarnya, tidur sekitar 30 menit sudah lebih dari cukup. Berani buktikan?

3. Tidak Makan Mengandung Gula di Siang Hari Bantu Lebih Fokus

Tidak Makan Mengandung Gula di Siang Hari Bantu Lebih Fokus unsplash

Makanan atau minuman manis memang selalu menggoda, tapi ternyata bisa mengganggu kerja otak nih. Kadar gula terlalu tinggi di dalam tubuh akan membuat kita sulit untuk fokus ketika melakukan sesuatu. Tubuh dan otak kita menjadi muda capai ketika asupan gula berlebihan.

Sehingga, ketika sedang melakukan pekerjaan yang membutuhkan fokus tinggi coba untuk selalu menghindari mengonsumsi makanan manis, ya. Ganti dengan makanan-makanan berprotein tinggi yang baik untuk otak seperti ikan atau telur.

4. Lakukan Olahraga Sederhana Setiap Jam, Cukup Hitungan Detik!

Lakukan Olahraga Sederhana Setiap Jam, Cukup Hitungan Detik! unsplash

Olahraga secara teratur memang digadang-gadang sebagai kunci kesehatan. Namun, terkadang waktu berolahraga sulit didapatkan.

Naik tangga, lompat kecil, hingga melakukan peregangan juga bisa disebut olahraga ringan nih. Usahakan melakukan gerakan-gerakan sederhana setidaknya 10-15 detik setiap jam. Kegiatan fisik semacam itu akan membantu otak berfungsi dengan lebih baik. Asyik, kan?

5. Luangkan Baca Hal Baru Setiap Hari

Luangkan Baca Hal Baru Setiap Hari unsplash

Orang yang gemar membaca memang dikenal mempunyai kecerdasan lebih tinggi dibandingkan yang tidak. Jika sudah mengetahuinya mengapa tidak "memaksa" untuk membaca hal-hal baru setiap hari? Mulai dari satu artikel, satu halaman buku, dan bacaan lainnya.

Pertama mungkin menyebalkan karena "terpaksa". Namun, lama-lama pasti terbiasa bukan? Ingat, pepatah "buku itu jendela dunia" kucinya ada di rajin membaca!

6. Pilih Main Video Game daripada Sekadar Nonton Acara Tidak Jelas

Pilih Main Video Game daripada Sekadar Nonton Acara Tidak Jelas unsplash

Pernah dengar jika seorang gamers itu rata-rata cerdas? Ternyata itu bukan sekadar bualan semata, lho.

Sebuah penelitian menyebutkan jika bermain video game sesederhana apa pun bisa membantu fleksibilitas otak. Hal itu jauh lebih baik dibandingkan sekadar menonton film atau acara televisi. Pasalnya, jika sekadar menonton otak hanya sekadar menyerap informasi tapi tidak memproses atau berinteraksi. Sedang, ketika kita bermain video game, otak akan ikut berpikir bukan?

7. Tulis Rencana Kegiatan untuk Esok Hari Sebelum Tidur agar Lebih Produktif

Tulis Rencana Kegiatan untuk Esok Hari Sebelum Tidur agar Lebih Produktif unsplash

Merencanakan segala sesuatu termasuk salah satu ciri orang cerdas, lho. Hal itu akan sangat membantu hari-hari kita lebih produktif.

Mulai menuliskan rencana kegitan yang dilakukan malam hari ketika akan tidur akan membantu rencana keesokan hari lebih matang. Sehingga, kegiatan bisa terorganisir dengan baik dan tidak sekadar sibuk tanpa hasil.

Bagaimana menurutmu? Berani membuktikan sendiri tips-tips di atas? Tidak ada salahnya bukan mencoba? Toh, gratis! Hehe.

Komentar Anda

Tags

Rekomendasi Artikel