Minuman Favorit Sebagian Orang, Kopi Punya 6 Manfaat Kesehatan Hingga Anti Kanker

Foto: Minuman Favorit Sebagian Orang, Kopi Punya 6 Manfaat Kesehatan Hingga Anti Kanker Shutterstock
WowKeren dan Kanal247

Mungkin sebagian orang menikmati kopi hanya karena rasanya yang enak tanpa mengetahui manfaatnya. Kopi rupanya memiliki berbagai manfaat kesehatan lho bahkan bisa jadi anti kanker. Yuk simak apa saja manfaatnya.

Kanal247.com - Banyak orang di dunia telah menjadikan kopi sebagai minuman favorit mereka. Kopi sekarang tidak hanya dinikmati saat berada di rumah, tetapi juga menjadi gaya hidup sebagian orang.

Kopi dapat dihidangkan saat berkumpul bersama teman, menonton pertunjukan dan masih banyak lagi. Bahkan saat ini restoran maupun kafe menyajikan kopi dalam menu mereka.

Mungkin sebagian orang menikmati kopi hanya karena rasanya yang enak tanpa mengetahui manfaatnya. Kopi rupanya memiliki berbagai manfaat kesehatan lho bahkan bisa jadi anti kanker. Simak beberapa manfaat kopi berikut:


Baca juga ...

1. Kaya Asupan Nutrisi


Kaya Asupan Nutrisi Shutterstock

Kopi tidak hanya mengandung kafein saja namun beberapa nutrisi lainnya. Dr. Swapan Banerjee mengungkapkan bahwa kopi mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk tubuh kita.

Minuman satu ini juga memilki 11 persen tunjangan harian yang disarankan untuk riboflavin (vitamin B2), 6 persen dari RDA untuk asam pantotenat, 3 persen dari RDA untuk mangan dan kalium serta 2 persen dari RDA untuk megnesium dan niacin. Perlu diketahui bahwa vitamin B2 merupakan salah satu vitamin B yang penting.

Vitamin B2 tidak ditemukan dalam banyak makanan tapi pada kopi vitamin tersebut sangat berlimpah. Riboflavin berfungsi untuk memecah nutrisi dalam tubuh. Kekurangan riboflavin dapat menyebabkan kulit dan bibir yang mengelupas.

2. Mengingkatkan Daya Tahan Tubuh


Mengingkatkan Daya Tahan Tubuh Shutterstock

Kopi rupanya dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Minuman ini biasanya dinikmati oleh para atlet untuk melawan kelelahan setelah olahraga.

Menurut Joshua Duvauchelle seorang pelatih pribadi, kafein dapat membantu individu untuk bekerja ekstra, namun beberapa orang beralih ke suplemen stimulan. Padahal kopi menawarkan banyak manfaat yang sama dan lebih murah tentunya.

3. Menurunkan Berat Badan


Menurunkan Berat Badan Shutterstock

Kopi mungkin juga bisa cocok bagi para wanita yang ingin menurunkan berat badan. Lebih dari dua dekade lalu peneliti Annals of Nutrition and Metabolism mengemukakan bahwa kafein kopi dapat membantu seseorang membakar lemak dengan meningkatkan metabolisme.

Hal yang dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan dengan kopi adalah meminumnya setiap sebelum berolahraga atau beraktivitas. Kopi dapat membakar 100 kalori dan asam lemak bebas lebih banyak.

4. Mencegah Penyakit Alzheimer


Mencegah Penyakit Alzheimer Shutterstock

Meminum kopi tidak hanya membuat seseorang lebih bersemangat di pagi hari, namun juga dapat meningkatkan otak untuk masa depan. Salah satu manfaat terbesar kopi adalah potensinya untuk mengurangi resiko pengakit Alzheimer.

Antioksidan dalam kopi dapat mencegah kerusakan sel otak yang terkait dengan penyakit ini. Kopi benar-benar memiliki manfaat kesehatan yang berguna yaa.

5. Melindungi dari Diabetes


Melindungi dari Diabetes Shutterstock

Para ilmuwan dari Harvard menemukan bahwa orang-orang yang meminum kopi lebih banyak (lebih dari segelas perhari) memiliki resiko terkena diabetes tipe 2 sebanyak 11 persen lebih kecil. Orang-orang yang mengurangi konsumsi kopi memiliki resiko terkena diabetes 17 persen lebih tinggi.

Namun, penikmat kopi dengan menambahkan creamer atau gula ke dalamnya harus berhati-hati. Pasalnya, creamer mengandung karbohidrat yang tidak sehat.

6. Mencegah Penyakit Kanker Hati


Mencegah Penyakit Kanker Hati Shutterstock

Manfaat besar kopi untuk kesehatan tidak hanya berhenti di situ. Kopi memiliki kemampuan untuk mengurangi resiko stroke dan resiko depresi pada wanita.

Tak hanya itu, kopi membantu mengurangi resiko kanker hati hingga 50 persen. Salah satu penelitian menyebutkan bahwa semakin banyak anda mengkonsumsi kopi, semakin besar juga kekebalan tubuh untuk mencegal munculnya penyakit kanker hati. Bagaimana? Masih meragukan manfaat besar mengonsumsi kopi?

Komentar Anda

Rekomendasi Artikel