Hobi Mandi Air Hangat? Ketahui 7 Manfaatnya untuk Kesehatan

Foto: Hobi Mandi Air Hangat? Ketahui 7 Manfaatnya untuk Kesehatan Plumber To The Rescue
WowKeren dan Kanal247


Mandi air hangat memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, lho. Simak di sini!

Kanal247.com - Siapa diantara kalian yang senang mandi air hangat? Mandi dengan menggunakan air hangat merupakan salah satu pilihan yang tepat saat hari dingin. Apalagi buat anak-anak yang malas menyentuh air di pagi hari.

Baca juga ...


Nah, mandi air hangat juga tidak boleh sembarangan. Menurut seorang spesialis kulit, dr. Melissa Pilang, suhu air saat mandi tidak boleh lebih tinggi dari 44 derajat celsius. Hal tersebut dapat mempengaruhi kesehatan kulit, lho. Selain itu, mandi dengan air hangat tidak boleh terlalu lama. Kalian hanya perlu mandi sekitar 5 hingga 10 menit agar kalian bisa mendapatkan manfaat dari mandi air hangat.

Bicara soal manfaat, apa kalian tahu khasiat yang bisa didapatkan dari mandi air hangat? Mulai dari membuat tidur lebih nyenyak, meredakan nyeri otot, detoksifikasi tubuh dan masih banyak lagi, lho manfaatnya.

Mau tahu apa saja? Simak di sini yuk!

1. Mandi Air Hangat akan Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Mandi Air Hangat akan Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Manfaat mandi air hangat yang pertama cocok buat yang sering terkena insomnia, yakni membuat tidur lebih nyenyak. Insomnia merupakan salah satu penyakit yang cukup menyebalkan. Pasalnya, penyakit ini membuat kita tidak bisa tidur dan merasa lelah keesokan harinya.

Mandi air hangat bisa jadi pilihan yang tepat. Saat mandi dengan air hangat, suhu tubuh akan naik, namun kemudian turun ketika kalian selesai mandi. Hal tersebut dapat mempercepat produksi melatonin yang membantu kalian cepat ngantuk dan tidur cepat.

2. Dengan Mandi Air Hangat akan Melancarkan Aliran Darah

Dengan Mandi Air Hangat akan Melancarkan Aliran Darah

Apa kalian tahu bahwa penyakit seperti kelelahan, sakit kepala dan insomnia dapat disebabkan karena sistem peredaran yang terganggu? Nah, hal tersebut dapat diatasi hanya dengan mandi air hangat, lho.

Jika kalian mandi air hangat atau berendam selama sekitar 5 menit, kinerja membuat pembuluh darah yang mengandung oksigen ke otak menjadi maksimal. Dengan hal ini, kalian tidak akan mudah terserang penyakit sakit kepala atau migrain. Insomnia juga bisa jauh dari kalian.

3. Pegal-Pegal dan Nyeri Otot? Mandi Air Hangat Saja

Pegal-Pegal dan Nyeri Otot? Mandi Air Hangat Saja

Bagi kalian yang sering pegal-pegal, mandi air panas bisa jadi obat yang pas. Ketika mandi air hangat, coba gerakkan leher, pundak, pinggang atau bagian tubuh lain yang terasa kaku. Coba pijat ringan bagian tubuh seperti lengan dan kaki.

Nah, jika kalian yang memiliki shower, coba mandi dengan air panas dengan berdiri di bawahnya selama sekitar 10 menit. Arahkan pada bagian-bagian yang terasa kaku. Kalian juga bisa menggunakan aroma terapi yang bermanfaat untuk meredakan otot yang nyeri dan kaku.

4. Sembuhkan Sakit Tenggorokan dengan Mandi Air Hangat

Sembuhkan Sakit Tenggorokan dengan Mandi Air Hangat

Mandi air hangat sangat disarankan bagi kalian yang sedang menderita sakit tenggorokan. Menghirup udara lembap menjadi obat yang ampuh menyembuhkan penyakit satu ini. Pembengkakan dan hidung mampet dapat teratasi.

Untuk menyembuhkan sakit tenggorokan, kalian dapat berendam menggunakan air hangat dan mencampurkan minyak esensial ke dalam bak mandi. Tak hanya itu, kalian dapat menguapi wajah dengan mendidihkan se-baskom air. Kalian dapat menempatkan wajah di atas panci, kemudian kenakan handuk di atas kepala sehingga uap akan mencapai hidung serta tenggorokan. Kalian bisa menambahkan minyak kayu putih ke dalam air.

5. Mandi Air Hangat Bermanfaat untuk Kesehatan Jantung

Mandi Air Hangat Bermanfaat untuk Kesehatan Jantung

Manfaat kesehatan lainnya yang bisa kalian dapatkan saat mandi air hangat adalah membantu mengurangi tekanan darah karena sirkulasinya akan lebih lancar. Hal ini tersebut terkait dengan pencegahan beberapa masalah kesehatan jantung seperti stroke dan serangan jantung. Mandi air hangat bakal menginduksi aliran darah dan sirkulasi yang lebih baik sehingga akan menyehatkan tubuh secara menyeluruh khususnya jantung. Wah, manfaatnya besar, ya.

6. Detoksifikasi Tubuh dengan Air Hangat

Detoksifikasi Tubuh dengan Air Hangat

Mengeluarkan racun dari dalam tubuh merupakan hal yang sangat penting. Sebenarnya, tubuh memiliki cara sendiri untuk melakukan hal tersebut. Namun, terkadang tubuh membutuhkan bantuan agar racun dalam tubuh dapat dikeluarkan.

Nah, saat mandi air hangat, sirkulasi sistem getah bening dalam tubuh yang nantinya akan memicu keringat keluar lebih banyak sekaligus mengeluarkan racun dari tubuh. Mandi air hangat setiap sebelum tidur akan membuat tubuh lebih sehat dan menjauhkan dari berbagai penyakit.

7. Mandi Air Hangat akan Meredakan Stress

Mandi Air Hangat akan Meredakan Stress

Sebuah penelitian yang diterbitkan di Inggris tahun 2002 menguak bahwa air panas dapat merangsang otak untuk memproduksi hormon oksitosin. Hormon tersebut bertanggung jawab untuk membuat kalian merasa senang dan positif.

Hal serupa juga ditunjukkan oleh survei yang dilakukan pada 80 orang. Mandi air hangat terbukti mengurangi rasa depresi dan pesimisme. Air hangat akan memberikan kombinasi antara kenyamanan dan ketenangan sehingga tubuh dan pikiran merasa nyaman.

Loading...

Komentar Anda

Rekomendasi Artikel

Loading...