Sering Lapar? 7 Alasan Ini Bisa Jadi Penyebab

Foto: Sering Lapar? 7 Alasan Ini Bisa Jadi Penyebab unsplash
WowKeren dan Kanal247


Terkadang perasaan selalu ingin makan memang kerap datang di sebagian orang, ternyata banyak hal yang membuat hal itu terjadi. Beberapa hal itu harus diatasi agar berat badan tak meningkat.

Kanal247.com - Lapar memang hal yang wajar bagi setiap manusia. Namun, jika lapar muncul secara terus-terusan bisa jadi ada alasan yang membuat tubuhmu merasa demikian.

Baca juga ...

Keinginan untuk selalu makan itu tentu tidak baik bagi kesehatan. Pasalnya, banyak makan tentu akan langsung berujung dengan kenaikan berat badan. Inilah yang harus diwaspadai karena berat badan yang tidak dijaga akan menimbulkan banyak penyakit.


Penasaran apa saja kemungkinan yang membuatmu selalu lapar? Cari tahu di sini.

1. Badan Kekurangan Air

Badan Kekurangan Air unsplash

Seperti yang kita ketahui, manusia dianjurkan untuk minum air putih setidaknya 8 gelas dalam satu hari. Air membantu menjaga sistem pencernaan yang berfungsi dengan baik. Minum air putih cukup mengisi perut dan mengurangi nafsu makan sebelum makan.

Kurangnya minum air ini juga bisa diakali dengan mengonsumsi makanan yang tepat. Buah-buahan dan sayuran yang mengandung air bisa dipilih agar terhindar dari dehidrasi.

2. Protein yang Masuk di Tubuh Sedikit

Protein yang Masuk di Tubuh Sedikit unsplash

Ketika orang mengonsumsi lebih sedikit protein per hari, rasa lapar menjadi lebih sering di siang hari. Sumber nutrisi yang baik adalah produk hewani, termasuk daging, unggas, ikan dan telur, dan produk olahan susu, seperti susu dan yogurt.

Jika sedang diet, bisa juga memilih protein dari makanan nabati seperti kacang-kacangan dan biji-bijian. Jangan sampai karena diet, protein ditinggalkan ya.

3. Menambahkan Buah atau Makanan Lain di Minuman

Menambahkan Buah atau Makanan Lain di Minuman unsplash

Saat ini banyak orang yang memilih untuk memasukkan beberapa buah-buahan dalam minuman untuk menjaga berat badan ketika diet. Namun, ternyata hal ini ternyata bisa menjadi alasan cepat lapar.

Makanan yang dimasukkan ke dalam air itu justru akan mendorong hormon rasa lapar. Pasalnya, minuman yang juga berisi makanan itu lebih sedikit sinyal kenyang ke otak karena mereka dikonsumsi jauh lebih cepat daripada makanan padat.

4. Tak Tidur Cukup

Tak Tidur Cukup unsplash

Kurang tidur juga bisa menjadi alasan seseorang menjadi mudah merasa lapar, lho. Tidur yang cukup dapat membantu menjaga nafsu makan. Orang yang kurang tidur di malam hari memiliki kadar hormon yang disebut ghrelin yang lebih tinggi, yang memicu rasa lapar lebih cepat.

Tidur juga mendukung produksi leptin, hormon yang membantu untuk merasa kenyang. Jadi, usahakan selalu tidur minimal 8 jam sehari ya.

5. Olahraga Terlalu Keras

Olahraga Terlalu Keras unsplash

Waduh, ternyata ketika olahraga kamu tidak diperbolehkan terlalu keras nih. Pasalnya tenaga yang dikeluarkan ketika olahraga akan membuat tubuhmu merasa kekurangan nutrisi. Sehingga, rasa lapar akan muncul.

Namun, beberapa orang menyebutkan jika rasa lapar usai berolahraga itu harus ditahan setidaknya sekitar 2 jam setelahnya. Pasalnya olahraga memang dimaksudkan untuk menghilangkan kalori, bukan? Ingat, pola makan harus dijaga agar olahraga keras jadi berefek.

6. Terlalu Banyak Pikiran dan Stres

Terlalu Banyak Pikiran dan Stres unsplash

Bukan rahasia lagi nih ketika kita stres, maka keinginan untuk terus makan timbul. Pasalnya ketika gelisah atau tegang, tubuh menghasilkan hormon kortisol dan adrenalin yang mendongkrak energi serta meningkatkan nafsu makan.

Biasanya, kala stres seseorang cenderung memilih makanan manis, berlemak tinggi, atau keduanya. Ini merupakan cara tubuh untuk 'membungkam' bagian otak yang menyebabkan stres.

7. Memiliki Gangguan Kesehatan

Memiliki Gangguan Kesehatan unsplash

Jika kamu merasa sudah menjalani kehidupan dengan sehat dan menjaga pola makan namun tetap mudah lapar, maka kamu wajib nememui dokter. Rasa lapar yang sering dapat menjadi gejala kondisi kesehatan seperti diabetes, hipoglikemia, dan hipertiroidisme. Kondisi ini telah dikaitkan dengan peningkatan tingkat kelaparan karena masalah dengan kadar gula darah dan hormon tiroid. Duh, seram!

Nah, sudah tahu alasanmu sering lapar? Ingat, terlalu sering makan akan berefek dengan penyakit-penyakit seram. Bahkan makanan-makanan yang disebut "sehat" bisa jadi tidak benar, lho. Penasaran makanan "sehat" yang ternyata berefek sebaliknya? Cari tahu di sini, ya.

Komentar Anda

Tags

Rekomendasi Artikel

Loading...